Joko Suryono

Penting +47 rating

Bahaya Minum Es setelah Berolahraga
 Joko Suryono20 September 2010, 11:5419 komentar di Kategori: Umum

Kebiasaan meminum es setelah berolahraga memang sangat menyegarkan. Tapi, siapa sangka bila kebiasaan itu bisa merusak metabolisme tubuh. Saat minum, memang terasa segar. Namun, tak jarang setelah minum es ada yang merasa mual dan pusing, serta suhu badang menurun. Suhu minuman yang ideal sebaiknya agak dingin, sekitar 5-10 derajat C. Pasalnya, pada suhu tersebut, cairan mudah diserap sehingga keringat cepat digantikan. Jumlah air minum atau minuman yang dikonsumsi harus dalam jumlah yang cukup, tergantung pada intensitas latihan, cuaca, dan kelembaban. Minumlah sebelum, selama, dan setelah berolahraga. “Bila berolahraga pada pagi hari, minumlah air sebelum mulai berolahraga sebanyak 300 cc,” saran dr Irfanuddin SpKO. Bila menderita sakit mag, perlu ditambah dengan makan makanan ringan, seperti crackers misalnya. Tetap pula minum selama berolahraga, di antara waktu break atau istirahat. Misalnya, saat bermain tenis, minumlah pada waktu pergantian set.

Bila bersenam aerobik, manfaatkan waktu istirahat yang sebentar itu untuk minum. Demikian pula bila bersepeda. Bukankah biasanya ada tempat khusus untuk menempatkan botol minuman di sepeda?

“Yang tidak boleh dilupakan adalah minum seusai berolahraga,” kata dokter kesehatan olahraga dari FK Unsri Palembang ini. Minumlah secukupnya sampai kira-kira suhu tubuh agak normal. Bila berolahraga cukup lama, antara 1-2 jam, minumlah hanya air putih. Namun, bila waktu berolahraga berlangsung lebih dari 2jam, dianjurkan untuk minum sport drink yang mengandung gula dan mineral, seperti kalsium, natrium, magnesium, klorida, dan lain-lain. Karena, kalau berolahraga cukup lama, banyak mineral dan gula yang terbuang sehingga perlu diganti kembali.
Pada waktu berolahraga di udara panas dan lembap dan berlangsung lama (endurance sport) seperti balap sepeda jarak jauh, lari maraton, triatlon, dan lain-lain mutlak perlu minum lebih banyak. Minumlah sport drink agar mineral dan gula selalu cukup sehingga tidak cepat lelah.
Satu hal yang perlu diperhatikan, pada saat melakukan olah raga endurance, seseorang tidak perlu menunggu sampai haus baru minum karena biasanya itu sudah terlambat. Jadi, meskipun belum merasa haus dan lapar, tetaplah makan dan minum. Minuman yang dianjurkan, air putih, sport drink dengan gula, misalnya 5 persen yang mengandung mineral-mineral yang cukup. Meminum air putih dengan metode yang benar akan memurnikan tubuh manusia.

 

Tag: Umum

 

Yang merating Note ini:


19 Komentar
Haaah thx om buat note-nya... Biasanya langsung nyerbu air es kalo istirahat abis nge-gowes... Thx Om...
mmmm...artinya saia salah nih! abis sepedaan langsung minum teh manis dingin

thanks, om
Pengalaman Pribadi saya...... sering kalo abis sepedahan makan yg dingin (teh Botol - Cingcau ) .... seperti Minggu kemaren di Lenteng Agung makan Sop Buah itu kan dingin ... segerr.............

Cuma yang disarankan jangan berlebihan ... itu aja... misal : kalo cuma teh botol dingin sebotol masih wajar ... namun jangan dilupakan "Kondisi Perut Setiap orang itu beda-beda" jadi kembali kondisi kebiasaan masing-masing.

Cuma Sharing aja ... hehehe
Pada cuaca yang cukup panas, umumnya orang lebih banyak berkeringat dan bila dikombinasikan dengan meminum es teh, maka akan sangat berbahaya bagi ginjal. Orang mungkin akan lebih memilih es teh daripada minuman lain karena menganggap teh jauh lebih sehat dari minuman lainnya.
Iya, teh itu lebih berkhasiat melancarkan buang air kecil ....
setuju..kalo jarak di bawah 30 km saya biasanya cukup air putih, lebih dari jarak itu biasanya di tambah minuman isotonik
setuju oom, biasanya saya minum air biasa saja......
ini dia penyebab badan meriang gw...but i'm addicted to ice...help
iya kawan's ... memang bahaya banget kalo langsung minum air es ...
Kalo saya, setiap sebelum gowes, malam nya saya sudah menyiapkan air dingin ke dalam tempat minum ..
pas paginya kan sudah tidak terlalu dingin lagi ...
malah air nya jadi dingin - dingin sejuk gitu ...

jadi pas diminum ... segerrr banget .... hehehe
Kalo gitu.... Air Kendi pernah cobain? ..... dingin banget loh..... alami....
se7 bung joko, jangan minum air es bikin pusing 7 keli2ng
@Gowes Santai: betul tuh,,udah lama ngga minum air dari kendi
 Gowes Santai• Komentar ini telah dihapus.
Iya om ubaid.... biar sedikit terlihat mistik minum air kendi tapi khasiatnya itu.... Adem di tenggorokan.... "ALAMI" hehehehehe
Wah ... jadi pengen beli kendi nih ... hehehe
cari yg dalemnya itu keramik hitam bukan cat, skr banyak kendi buat hiasan bukan untuk tempat minum heheheheh "paling ada buat siram air makam ama tukang kembang" hehehe
Waduh udah beli nih om, sayang kalau nggak dihabiskan big grin
Betul banget..^^
Lakukan Login untuk memberikan komentar.