Joko Suryono

Menarik +3 rating

Bugar dengan Bersepeda
 Joko Suryono21 Desember 2010, 10:181 komentar di Kategori: Umum

ika kita ingin membeli sepeda, tentunya kita berpikir mudah-mudahan nantinya tidak hanya akan dipergunakan untuk belanja ke warung atau toko sebelah saja misalnya, akan tetapi mungkin bisa dipergunakan untuk berolahraga secara rutin.

Untuk itu, agar dapat bersepeda lebih aman dan nyaman menurut Chris Carmichael & Edmund R. Burke dalam buku Bugar dengan Bersepeda, Rajagrafindo Persada, Jakarta 1994memberikan saran-saran sbb :

 

Sepeda Jalanan

Pilih yang bobot ringan, setang rendah, ban-nya yang kecil (27 inci) akan cocok untuk meluncur di jalanan dalam jarak jauh.

Gaya pegangan setang yang rendah dan posisi tangan yang lebih longgar akan memberikan aerodinamika yang lebih baik dan membantu untuk menghindari kelelahan dan ketidaknyamanan.

Kekurangan dari pembelian sepeda Jalanan adalah harganya lebih mahal 

Sepeda Gunung

Jika anda berharap untuk bersepeda lebih banyak lepas dari jalan raya pilihlah sepeda gunung karena dengan rentang roda gigi (26 inci) yang besar dan gemuk serta tekanan ban yang rendah sangatlah cocok untuk naik turun di jalanan kotor ataupun di hutan.

Sepeda gunung memiliki ban yang berat dan jarang kempes serta dapat berhenti lebih cepat ketika di rem, akan tetapi hal ini juga akan menjadi bebanberat extra anda, apalagi hal ini ditunjang dengan posisi tubuh anda yang lebih tinggi ketika mengendarainya.


Sepeda Hibrida

Tetapi jika anda merencanakan menggunakan sepeda di jalan raya dan jalan kasar tetapi tidak ingin membeli dua sepeda, anda perlu mempertimbangkan untuk membeli Sepeda Hibrida yakni sepeda yang didisain untuk dikendarai di jalan raya dan lepas jalan raya.

Dengan ciri sbb :

Mempunyai ban yang lebih besar dari ban Sepeda Jalanan tetapi lebih kecil dari Sepeda Gunung dan umumnya mempunyai ukuran roda sepeda jalanan (27 inci), Posisi setang lurus, mempunyai roda yang lebih besar dengan ban yang lebih kecil.

Selain itu pilihlah merk dan harga yang sesuai dengan kemampuan anda, karena yang lebih penting adalah bukan merk dan harganya tetapi rutinitas mengendarainya yakni berolahraga sepeda dengan rutin minimal dilakukan 3-5 kali seminggu dengan waktu latihan minimal 30 menit.

Sayang kalau sepeda yang sudah dibeli hanya diparkir di gudang, karatan dan rusak.

 

Tag: Umum

 

Yang merating Note ini:


1 Komentar
Lakukan Login untuk memberikan komentar.