Joko Suryono

Penting +20 rating

CARA MENGATASI KRAM ...
 Joko Suryono15 Agustus 2010, 14:556 komentar di Kategori: Umum

Kram ....
Tentu hampir rata-rata kita pernah mengalami nya ...
Pada saat bersepeda ataupun olah raga lainnya.
Berikut ini saya akan berbagi info apa itu Kram, penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya ...

Kram adalah kejang otot mendadak yang menimbulkan rasa nyeri. Kejang otot sering terjadi ketika kita sedang tidur, tetapi juga bisa karena kerja fisik yang berat, misalnya lari.

Penyebab Kram Om ...  :
1. Kurangnya aliran darah ke otot yang disebabkan adanya penumpukan asam laktat pada aliran darah akibat metabolisme tubuh yang kurang sempurna.
2. Kondisi udara yang dingin menyebabkan mekanisme pemanasan tubuh yang terganggu sehingga sekali lagi mengganggu aliran darah dalam tubuh
3. Kram dapat disebabkan kelelahan, dehidrasi atau kekurangan cairan dan elektrolit, terutama Kalium dan Natrium
4. Bisa juga akibat trauma yang dialami oleh tulang atau otot
5. Kekurangan Magnesium maupun Kalsium
6. Kekurangan Vit. B1, B5 dan B6.
7. Beberapa obat, seperti obat pelancar kemih dan penurun/peluruh lemak juga bisa menyebabkan kram.
8. Para penderita Hiperkolesterol dan Diabetes. Hal ini disebabkan sirkulasi darah ke otot yang kurang baik karena tingginya kolesterol dalam darah atau pembuluh darah yang mudah rusak
9. Pada Ibu Hamil, kram dapat berhubungan dengan berat badan yang berlebih sehingga serabut syaraf pada kaki tertekan.


Kejang otot juga terjadi akibat tubuh kehilangan garam dan cairan karena banyaknya keringat yang keluar. Kram biasanya dapat disembuhkan dengan meregangkan dan memijat otot yang terserang.

Kram pada kaki
Korban dibantu berdiri dan berat badannya ditahan dengan kaki bagian depan. Setelah kejang pertama berlalu, pijat kakinya.

Kram pada betis
Lutut korban diluruskan, kaki ditekan dengan kuat dan mantap ke atas mengarah ke tulang kering. Pijat ototnya.

Kram pada paha
Untuk kejang pada paha bagian belakang, lutut korban diluruskan dan kakinya diangkat. Untuk kejang pada paha bagian depan, lutut ditekuk. Pada kedua paha, pijat ototnya kuat-kuat.

Ada kiat2 juga buat mengatasi Kram selama menstruasi :
Kram-kram selama menstruasi dapat disertai dengan sakit punggung, lelah, muntah-muntah, diare, dan sakit kepala. Kadang-kadang, penderitan ini cukup berat sehingga mampu menyebabkan para wanita kehilangan tenaga selama hari pertama sampai tiga hari selama masa menstruasinya. Berikut ini beberapa tips untuk menyembuhkan kram selama menstruasi:
* Minumlah kamomile atau teh permen.
* Jika memungkinkan, tidurlah telentang, ganjal lutut anda dengan bantal.
* Tempelkan bantalan panas/hangat atau botol berisi air panas pada perut anda.
* Dengan perlahan-lahan, pijatlah perut anda.
* Lakukan latihan-latihan ringan seperti memutar-mutarkan badan, berjalan-jalan atau bersepeda.
* Minumlah aspirin, ibuprofen atau obat-obatan lain yang diformulasikan untuk menyembuhkan ketidaknyamanan karena menstruasi yang bisa anda beli tanpa harus dengan resep dokter.

Jika tindakan-tindakan di atas tidak juga menghilangkan rasa sakit akibat kram selama menstruasi – atau jadwal yang padat menghalangi anda dari berguling di tempat tidur dengan botol air panas selama 3 hari dalam sebulan – segera temuilah dokter. Dia mungkin akan meresepkan obat anti-radang nonsteroid atau obat-obat lainnya untuk menolong mengatasi rasa sakit selama menstruasi.

Cara pencegahan kram Om !
# Hindari pekerjaan yang membuat Anda berdiri terlalu lama (khususnya untuk Ibu Hamil)
# Lakukan peregangan otot dan latihan pernapasan secara pada saat sebelum berolahraga dan sebelum tidur selama beberapa saat
# Usahakan agar kaki tetap hangat ketika tidur.
# Hindari penegangan ujung jari kaki ketika tidur (bahasa gampangnya, waktu “ngulet” jari kakinya jangan menunjuk keluar).
# Lakukan pemanasan serta latihan penapasan setiap pagi setelah bangun tidur, dengan melakukan senam kecil.
# Hindari melakukan kegiatan berolahraga yang terlalu berat secara tiba-tiba, khususnya untuk yang belum terbiasa
# Jangan lupa melakukan pendinginan setelah berolahraga
# Setelah duduk terus menerus di depan komputer, atau perjalanan yang panjang di pesawat, tidak ada salahnya untuk melakukan sedikit peregangan pada tubuh secara perlahan-lahan.
# Untuk makanan, bisa mengkonsumsi pisang, karena kandungan mineral pada pisang dapat mengurangi kram dan hindari makanan yang terlalu banyak mengandung protein.
# Jika kram terus terjadi, monggo loh untuk cek & konsultasi ke dokter.

 

Tag: Umum

 

Yang merating Note ini:


6 Komentar
nice info..makasih
top morkotop ingfonya ...
betul ohm , kl sy pernah waktu tidur karena udara dingin
@ Atieka : sama - sama ... semoga bermanfaat ...
 Joko Suryono• Komentar ini telah dihapus.
@ Suratin : makasih Om ...
Lakukan Login untuk memberikan komentar.