R. Tri Martono

XTR +48 rating

Indahnya jalur B2W-ku
 R. Tri Martono23 Maret 2011, 00:5443 komentar di Kategori: Umum

Pagi ini saya B2H (bike to home) sengaja gowes santai untuk menikmati indahnya pagi yang cukup cerah dibanding hari-hari kemarin yang selalu berawan. Minggu ini saya kerja malam pulang pagi. Jalur B2W saya ada dua, jalur utama melewati jalan raya Porong sepanjang 16 km yang selalu padat lalu lintasnya, sementara jalur alternatif sepanjang 18 km melalui bekas jalan tol Gempol-Porong. Kali ini jalur alternatif-lah yang saya pilih karena lebih leluasa untuk menikmati pemandangan alam sekitar.

Berikut ini objek yang saya abadikan sepanjang jalan mulai dari kantor hingga rumah:

1. Candi Gununggangsir

candi

Sebuah benda peninggalan purbakala berupa candi yang kondisinya cukup memprihatinkan, namun saat ini sedang dilakukan restorasi. Candi ini tak jauh lokasinya dari kantor saya, sekitar 200 meter.

2. Persawahan

sawah

Areal persawahan dengan latar belakang gunung Arjuno, Welirang dan Penanggungan. Lokasinya tak jauh dari candi Gununggangsir.

3. Jalan raya pos

jalan raya pos

Jalan raya utama propinsi yang menghubungkan kota Surabaya dengan kota-kota di timur pulau Jawa (Pasuruan hingga Banyuwangi). Jalan ini juga merupakan sebagian jalan raya pos Anyer-Panarukan peninggalan jaman penjajahan Belanda.

4. Bekas pintu tol Gempol-Porong

pintu tol

Pintu tol Gempol-Porong yang sekarang tidak difungsikan lagi karena jalan tol Gempol-Porong sebagian telah terendam lumpur lapindo sejak tahun 2006.

5. Bekas jalan tol Gempol-Porong

jalan tol

Sebagian ruas jalan tol Gempol-Porong yang tidak terendam lumpur lapindo dan sekarang menjadi jalan alternatif untuk menghindari kemacetan di jalan raya Porong. Jalan tol ini dulunya menghubungkan Gempol dengan Surabaya.

6. Penyepeda

refleksi

Mengabadikan bayangan saya dan sepeda ketika beristirahat sebentar di pinggir jalan tol Gempol-Porong. Tangan kanan memegang kamera.

7. Pemandangan gunung

gunung

Landscape dengan latar belakang gunung-gunung, difoto dari atas jembatan bekas tol Gempol-Porong. Mulai dari kiri ke kanan adalah gunung Arjuno, Welirang dan Penanggungan. Konon kabarnya di gunung Penanggungan banyak terdapat candi kecil dan pemandian Jolotundo peninggalan raja Airlangga.

8. Danau lumpur lapindo

danau lumpur

Areal danau penampungan lumpur lapindo yang semakin diperluas dengan mengorbankan perumahan penduduk. Terlihat rumah-rumah yang tinggal puing-puingnya. Di kejauhan terlihat asap yang keluar dari pusat semburan lumpur (kini ada dua pusat semburan). Di pojok kiri adalah pipa saluran pembuangan lumpur ke kali Porong.  Menurut para pakar, lumpur lapindo ini akan terus menyembur hingga 26 tahun.

9. Saluran pembuangan lumpur

saluran lumpur

Salah satu pipa saluran pembuangan lumpur ke kali Porong. Lumpur yang mengalir ke arah laut saat ini telah membentuk sebuah pulau di daerah muara, dan sekitarnya menjadi objek pemancingan. 

10. Tanggul lumpur

tanggul

Tanggul lumpur lapindo sisi timur yang terus ditinggikan dan diperkuat agar tidak mudah jebol.

11. Burung kuntul

burung

Sekelompok burung kuntul putih yang mencari makan di lahan basah di sekitar tanggul lumpur.

12. Sawah pedesaan

sawah1

Areal sawah dan pedesaan yang tak jauh dari rumah saya

13. Jalan utama perumahan

jalan perumahan

Jalan utama memasuki perumahan saya. Pembangunan perumahan yang lokasinya tak jauh dari lumpur lapindo menjadi tersendat karena kekhawatiran akan terkena luberan lumpur.

(Note ini dibuat minggu lalu, tapi baru bisa di-publish minggu ini)

Tambahan foto:

1. Danau lumpur

danau lumpur

2. Gersang

gersang

3. Awan

awan

4. Gunung

gunung

Keempat foto tambahan ini juga masih di jalur B2W saya, tapi pengambilan gambarnya sebelum saya aktif bersepeda.

 

Tag: Umum , jalur b2w

 

Yang merating Note ini:


43 Komentar
Luar Biasa...
Bahasa yang lugas dan ditambah dengan dokumentasi yang cukup menawan. Subhanallah, Sungguh Agung CiptaanNYA yang harus senantiasa kita syukuri.
Salam Pasapeda.
bersepeda memang sekaligus bisa dijadikan ajang rihlah dan tadabur alam. saya juga sering melakukannya. smile
bersepeda adalah sarana refreshing yg mengasikkan...smile
Wah... indah sekali pemandangannya, serasa liburan. smile
Om ... kapan2 Gowes ke timur ( muara Delta Sidoarjo yg terakhir ) deltanya sdh mulai di keruk supaya arus lumpur Lapindonya lancar ..... tak kalah indahnya panonamanya ....
keren om pemandangannya.... kontras bgt sama disini (jkt) smile
terus gowes om dan terus disharing pemandangan2 indah lainnya saat gowes smile
o#o
Inilah salah satu dr sekian banyak manfaat ngegowes/B2W.....top om...
jempolaaannn... smile
Foto2 tambahannya... WOOOWWW... Jempolan om, nice picture... smile
kereeennnn Om....apik tenannn wink

Liat pemandangannya jd pengen mudik ke kamp halaman istri di Blitar nih.... smile
Top markotop liputannya. Beruntung Om bisa dapet jalur gowes ijo royo-royo.
Teringat dengan lakon ludruk "Pendekar Gunung Gangsir" smile
Ajiiiiibb......!!! big grin
ajib...kerennn
awesom..!!!
motonya pake kamera apa tuh om..
@ all: makasih atas apresiasinya....saya akan selalu memberikan yg terbaik untuk komunitas ini
@gema widjiono: Om ... kapan2 Gowes ke timur ( muara Delta Sidoarjo yg terakhir ) deltanya sdh mulai di keruk supaya arus lumpur Lapindonya lancar ..... tak kalah indahnya panonamanya ....

iya om, ini sudah saya rencanakan pengen gowes ke desa Tlocor yg sekarang terkenal jadi tempat pemancingan. kebetulan mancing adalah hobi saya juga..
@r. adawiyah: awesom..!!!
motonya pake kamera apa tuh om..

pake kamera pocket om...saya ngga punya kamera SLR. gambar2nya mesti diatur saturasi, hue, kontras, cropping, dsb. supaya kelihatan lebih ngejreng...
@ R Tri M : di tunggu hasil liputan dan foto2 dari atas sadel, tadi linknya aku blast lewat twitter dan FB biar banyak yg ngiler dan ikut karecunan naik sepeda, dengan bersepeda bisa dapet hal2 menyenangkan untuk diri sendiri dan temen2 di komunitas...lanjut gann.

* dari FB & Twitter banyak yg penasaran dan kagum dengan hasil jepretan, ternyata dengan naik sepeda bisa deket dengan alam.
@Cakyoh: @ R Tri M : di tunggu hasil liputan dan foto2 dari atas sadel, tadi linknya aku blast lewat twitter dan FB biar banyak yg ngiler dan ikut karecunan naik sepeda, dengan bersepeda bisa dapet hal2 menyenangkan untuk diri sendiri dan temen2 di komunitas...lanjut gann.

* dari FB & Twitter banyak yg penasaran dan kagum dengan hasil jepretan, ternyata dengan naik sepeda bisa deket dengan alam.

makasih Cak Yoh....
bersepeda jadi tak terasa lelah..
bermimpi suatu saat palembang brubah seperti ini,,,,, sekrang masih cukup menikmati keindahan sungai musi dan jembatan amperanya dikala sore hari.
mantab banget, fotonya bagus, bahasanya bagus dan pemandangannya sangat bagus, jadi pingin nulis juga nih. selamat ngegowes. mohon izin berbagi ke fb.
@Samsjul Hudha: bersepeda jadi tak terasa lelah..

bener om...sesekali ngga usah ngebut, asik banget gowes santai sambil menikmati sekitar kita
@Higita Jancanaveral: bermimpi suatu saat palembang brubah seperti ini,,,,, sekrang masih cukup menikmati keindahan sungai musi dan jembatan amperanya dikala sore hari.

semua tempat pasti menarik kok om...
@Abi Karyanto: mantab banget, fotonya bagus, bahasanya bagus dan pemandangannya sangat bagus, jadi pingin nulis juga nih. selamat ngegowes. mohon izin berbagi ke fb.

makasih om....silahkan kalo mau di-share...
Awesome! Bisa di share juga ke National Geographic.
 bambangEKO• Komentar ini telah dihapus.
 bambangEKO• Komentar ini telah dihapus.
indah skali Om Tri...
sudahkah anda simpan foto2 tersebut di http://www.panoramio.com, biar jelas koordinatnya, siapa tahu saya sempat kesitu

> bisa tengok juga album saya http://www.panora.../bambang.eko
Mantap foto2nya...keren...klo dijakarta hanya pohon2 beton semua frown
keren Om, ... slain b2w bisa foto2... wah klo bukan krn ada niat dan kesempatan ga dapet tuh kyk gito... siiip Om big grin
@bambangEKO: indah skali Om Tri...
sudahkah anda simpan foto2 tersebut di http://www.panoramio.com, biar jelas koordinatnya, siapa tahu saya sempat kesitu

> bisa tengok juga album saya http://www.panora.../bambang.eko

ok om..makasih infonya, akan saya coba
@Devin: Mantap foto2nya...keren...klo dijakarta hanya pohon2 beton semua

makanya foto2 ini saya pamerin biar teman2 b2w-ers jakarta dan sekitarnya pada mupeng, hehe...big grin
@Om pons: keren Om, ... slain b2w bisa foto2... wah klo bukan krn ada niat dan kesempatan ga dapet tuh kyk gito... siiip Om

makasih om...itulah asiknya bersepeda
beginilah kalo b2w plus...melek dokumentasi big grin nice om !
@aida setyawan: beginilah kalo b2w plus...melek dokumentasi nice om !

makasih nte...masih ingat prinsip kalo jalan2 ke alam bebas: "jangan ambil apapun kecuali gambar, dan jangan tinggalkan apapun kecuali jejak kaki'
BANGGA indonesia itu indah,,, tp prihatin....
@ariW.: BANGGA indonesia itu indah,,, tp prihatin....

iya om...i love this country but not the government
Luar biasa
Keren om, jd pengen ngegowes di ono..
tapi sedih jg ya om..
@Syahrul Bayan: Luar biasa

makasih om...
@Fendy Kurniawan: Keren om, jd pengen ngegowes di ono..
tapi sedih jg ya om..

iya om, indah tapi juga menyedihkan. dengan adanya bencana lumpur, di satu sisi nama sidoarjo semakin dikenal, tapi di sisi lain ada masyarakat yg menderita
Subhanallah, Seandainya jalur b2w ku sepeerti yg terlihat diatas,,,, wooowww amazing journey
ckckckckckck......iri kita yang di jakarta, mantabff oom foto2na
@amiracle Hamzah: Subhanallah, Seandainya jalur b2w ku sepeerti yg terlihat diatas,,,, wooowww amazing journey

bener om...pokoknya asik deh gowes dengan pemandangan sekitar kita yg indah begitu
@donny trihardono: ckckckckckck......iri kita yang di jakarta, mantabff oom foto2na

makasih om...
kontras banget dengan jalur b2w di jakarta ya om..
klo sepedaan ke pelosok sidoarjo ajak ajak saya ya oom, selama ini saya belum menemukan kawan gowes yang satu ide dengan saya...
Lakukan Login untuk memberikan komentar.