moch suparyanto

XTR +20 rating

Jangan Tanya Apa Yang Sudah Kamu Berikan Pada Sepeda Tapi Tanyakan Apa Yang Sudah Sepeda Berikan Padamu
 moch suparyanto29 Maret 2011, 12:087 komentar di Kategori: Umum

Dengan sedikit memplesetkan kata-kata John F Kennedy yang berbunyi : “Jangan tanya apa yang negara berikan padamu, tanyakan apa yang sudah kamu berikan pada negara", menjadi judul seperti tersebut di atas. Tidaklah penting apa yang kamu perbuat pada sepedamu, tapi manfaat apa saja yang di berikan sepeda kepada hidupmu?

Ternyata banyak sekali manfaat yang diberikan sepeda kepada kita, antara lain :

  1. Hemat, dengan bersepeda ke tempat beraktivitas (kantor/tempat kerja, sekolah/kampus, warung/toko, RS, Mall, resto dll) kita menghemat ongkos angkutan, atau menghemat BBM serta bea parkir nan mahal.
  2. Bugar dan Sehat, dengan bersepeda secara rutin kebugaran badan dapat terjaga, karena bersepeda termasuk kegiatan aerobik.
  3. Fun, kegiatan bersepeda adalah kegiatan yang bisa menumbuhkan kegembiraan dan keceriaan 
  4. Penghangat Hubungan Rumah Tangga, tanyakan saja pada yang sudah berumah tangga apa 'side effect' bersepeda, selain daripada itu bersepeda bersama keluarga dapat menumbuhkan komunikasi serta keharmonisan dalam keluarga.
  5. Bebas Stres, so pasti dengan sepeda enggak pusing mikirin anggaran rumah tangga yang membengkak akibat penggunaan BBM atau ongkos angkutan (seperti yang sudah disinggung sebelumnya) disamping itu dengan bersepeda ke kantor dapat 'menghindarkan' diri dari jebakan macet dan banjir.
  6. Mengurangi global warming, yang ini biar orang-orang yang pinter saja yang menjelaskan korelasi positip antara sepeda dan perubahan iklim dan program langit biru serta Go Green.
  7. Menumbuhkan kepekaan sosial dan melatih kesabaran, karena dengan bersepeda kita jadi 'paham atau ngeh' penderitaa apa yang dialami oleh saudara2 kita yang masih 'bergelantungan atau berdesak-desakan di angkutan umum seperti stress dan bengek karena menghirup asap nan polutif, atau memahami 'penderitaan' para pengendara motor dan mobil yang menjadi tidak sabaran dan seenaknya saja srobat srobot jalan karena 'sudah terbiasa macet'. Bersepeda di jalanan Jakarta nan ganas butuh mental / nyali baja, kesabaran mutlak diperlukan bila tidak, bisa2 sepeda 'melayang' ke kepala pengendara motor atau ke kap mesin mercedes orang, hiks. 
  8. Berbagi jalan, bersepeda hanya butuh space 'sedikit' di lajur paling kiri jalan tidak seperti berkendara mobil yg size nya gede, panjang plus lebar eh cuman diisi oleh 1 pengendara saja. Dengan bersepeda kita bisa menghargai pengguna jalan yang lain, seperti pejalan kaki di pedestrian/trotoar.   

 

Silahkeun di tambahi

 

Salam ngepit till drop

 

Tag: Umum , manfaat , negara , berikan

 

Yang merating Note ini:


7 Komentar
tambah suwe kok sampeyan tambah pinter ya...heheheheeee tak tambahin : karena sepeda aku mendapat tambahan sahabat yang buaaannnnyyaaakk sekali
menguatkan nomor 7 Om, ...
tentang ketidakpekaan pengemudi bermotor terhadap pengguna sepeda, padahal aturan tersebut telah tercantum saat mereka membuat SIM. smile
@om ndlahom: tambah suwe kok sampeyan tambah pinter ya...heheheheeee tak tambahin : karena sepeda aku mendapat tambahan sahabat yang buaaannnnyyaaakk sekali


setuju banget
I have a dream that my fellow cyclists one day will ride in a nation where they will not be judged by the types of their bicycles but by the content of their character and bicycle riding behavior. (from Dr. Martin Luther King Jr.'s I Have A Dream speech)
Nomer 4. Bukan hangat lagi, kebakaran... LOL
izin share ke FB ya...
Lakukan Login untuk memberikan komentar.