GIPSYPEMALANG

Menarik +4 rating

MAIN SEPEDA MTB-XC YU...K
 GIPSYPEMALANG29 Januari 2012, 20:284 komentar di Kategori: Umum

 

Saat melakukan perjalanan cross country dengan sepeda mtb, sering kita temui jalan berbatu, dari bebatuan kecil sampai bebatuan besar dengan ujung runcing yang berbahaya. Trek bebatuan ini juga bebvariasi dari tanjakan, datar sampai turunan tajam.

Kalau kita bersepeda di Kab Pemalang JaTeng dan sekitarnya akan banyak ditemui trek berbatu dengan bebagai variasi .

Sekedar bebagi pengalaman dan menyadur dari berbagai sumber, berikut ini tips melintasi jalan berbatu yang aman dan nyaman :

  • Menjelang jalan berbatu, suspensi dapat mengurangi kecepatan sepeda, terutama pada kecepatan rendah. Jaga kecepatan dan persiapkan tubuh bagian atas untuk menahan guncangan keras.
  • Pilih jalur yang “lebih baik”,artinya permukaan bebatuannya tidak terlalu menjulang dibanding sekitarnya.
  •  

  • Kayuh sepeda dengan posisi satu tingkat lebih tinggi dari posisi gigi yang biasa digunakan pada saat melintasi jalan rata. Tujuannya agar ban belakang tidak spin saat kehilangan keseimbangan.
  • Yang paling baik ialah mengayuh terus sepeda di sepanjang trek (dilapangan bisa saja berubah).
  • Bila harus menggunakan rem, tekan kedua brake lever secara bersamaan (dianjurkan hanya pada trek dengan permukaan batu kecil, pada saat menemui batu besar disarankan tidak menggunakan rem).

Semoga bermanfaat big grin

Sebuah tips perpindahan roda gigi di blog milik Asbrindo sepertinya layak dicoba untuk menutupi kekurangan yang ada. Berikut ini saya kutipkan tipsnya :

Setiap pesepeda memiliki kecepatan kayuhan masing – masing. kecepatan kayuhan (cadence) yang ideal yang seharusnya dicari oleh masing – masing individu. dengan cadence ideal, berarti tenaga yang kita salurkan untuk mengayuh sepeda dapat bertahan lama dan tidak cepat lelah. dengan kata lain ideal cadence adalah kondisi sempurna di mana tenaga kita dapat seluruhnya tersalurkan untuk mengayuh sepeda. cadence yang ideal sangat tergantung kepada kontur jalan, hambatan angin, dan kondisi kesehatan kita sendiri pada suatu waktu.

Bagaimana mencapai cadence ideal? hanya bisa dicapai dengan terus berlatih mencari rasio roda gigi depan dan belakang. anda hanya bisa mendapatkan rasio gigi optimal pada setiap kondisi jalan dengan cara berlatih. tidak ada rumusan baku untuk hal ini. kuncinya pada ketekunan dan kedisiplinan diri dalam berlatih.

Anda bisa memantau cadence anda dengan cyclometer yang memiliki fitur cadence. kenaikan kemampuan cadence menunjukkan keberhasilan latihan anda. faktanya, atlet – atlet sepeda yang langganan juara adalah mereka yang secara disiplin memperhatikan cadence ideal mereka.

Jika roda gigi anda terlalu tinggi (gigi kecil), kayuhan akan terasa berat sehingga cadence menurun. mengayuh lebih lambat dibanding cadence ideal berakibat tenaga akan cepat terkuras dan berisiko cedera otot khususnya pada lutut dan pinggul.

Sedangkan jika roda gigi terlalu rendah (gigi besar), kayuhan akan terasa sangat ringan sehingga cadence menjadi terlalu cepat. mengayuh lebih cepat dari cadence ideal menyebabkan tenaga terbuang percuma yang ujungnya akan cepat lelah.

Gunakan gigi yang sama di jalan datar apabila anda bersiap memasuki tanjakan dengan kecepatan tinggi. kemudian secara perlahan pindahkan ke gigi yang satu langkah lebih ringan setiap kali kayuhan terasa berat.

Gunakan gigi rendah (gigi besar) saat menapaki jalur pendakian tanpa persiapan speed yang cukup. kemudian pindahkan ke gigi yang lebih tinggi (gigi kecil) setiap memasuki bonus trek datar di mana tidak dibutuhkan kaki kayuhan yang konstan.

Sesaat sebelum mencapai puncak tanjakan, segera pindahkan gigi ke lebih tinggi. pertahankan pada saat anda menuruni trek. pada saat turun, anda akan lebih dituntut untuk konsentrasi ke rem dibandingkan sifter.

Untuk medan yang lebih bervariasi, pertahankan gigi depan di posisi tengah. pergunakan variasi roda gigi belakang untuk menghadapi perpindahan medan yang sangat cepat.

Kalau menurut beberapa teman, yang penting dengkulnya, kalau menurut saya selain dengkul harus didimbangi dengan teknik dan gropuset yang handal.

Semoga bermanfaatbig grin

Saya mencoba memberikan Tips aman menaklukan turunan tajam saat bersepeda supaya tidak terjadi insiden.

  1. Perhatikan jarak Anda dengan teman didepan Anda, usahakan jangan terlalu dekat karena dapat memberikan banyak waktu jika terjadi masalah dengan teman didepan Anda.
  2. Perhatikan kendaraan lain dari arah yang berlawanan, jangan terlalu ke tengah.
  3. Saat sebelum memasuki tikungan perlambat laju sepeda, gunakan rem depan dan belakang secara bersamaan dengan komposisi 65% rem depan dan sisanya rem belakang. Jangan gunakan hanya rem belakang, karena sepeda akan nge-drift. (insiden ini yang terjadi beberapa minggu yang lalu).
  4. Saat melibas tikungan usahakan Anda masih tetap dijalur, jangan terlalu melebar karena akan sangat berbahaya jika ada kendaraan dari arah yang berlawanan. (insiden ini yang terjadi tadi pagi)

Kalau masih ada yang kurang, bisa ditambahkan sendiri atau ditulis di kolom komentar ya.Masalahnya ane males copas lagi rolling on the floor rolling on the floor

 

Tag: Umum

 

Yang merating Note ini:


4 Komentar
mantab, barusan tadi pagi melewati jalan bebatuan walau bukan turunan atau tanjakan. tapi lumayan sulit juga megendalikan sepeda, big grin
@Yugo Dedy Purwanto: mantab, barusan tadi pagi melewati jalan bebatuan walau bukan turunan atau tanjakan. tapi lumayan sulit juga megendalikan sepeda,

MANTAP OUY
@wade222: http://www.jersey...215_218.html Boston Bruins Jersey
http://www.discountuggbuy.us uggs.com
http://www.svipboots.com uggs store uk
http://www.vancou...uckstore.com Canucks Shop
http://www.montre...iensshop.com Montreal Canadiens Shop
http://www.chicag...wksstore.com Chicago Blackhawks Jerseys
http://www.jersey-b2b.com cheap nhl jersey
http://www.classi...ggshop.co.uk cheap ugg uk
http://www.ukuggb...outlet.co.uk ugg boots sale uk
http://www.onsale-boots.com uggs sale

klo mo ngasih mantra jngan tanggung2 om rolling on the floor
Lakukan Login untuk memberikan komentar.