Sujatmiko Wibowo

Penting +7 rating

Manfaat Olah Raga dan Aktivitas Fisik Penting ?
 Sujatmiko Wibowo23 September 2010, 15:534 komentar di Kategori: Umum

Posisi Ilmiah AHA

Jarang beraktivitas secara fisik merupakan faktor risiko utama terhadap berkembangnya penyakit arteri koroner dan stroke. Penyakit arteri koroner memiliki karakteristik, yaitu terjadi timbunan senyawa lemak, kolesterol, kalsium, dan senyawa lainnya di bagian dinding dalam pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah ke otot jantung. Hal ini juga berkontribusi terhadap faktor risiko lainnya, termasuk obesitas, tekanan darah tinggi, trigliserida tinggi, kadar HDL (kolesterol baik) yang rendah dan diabetes. Aktivitas fisik dengan intensitas sedang seperti berjalan cepat pun memberikan manfaat jika dilakukan secara rutin selama total 30 menit atau lebih hampir setiap hari.

Mengapa olahraga atau aktivitas fisik itu penting?

Melakukan aktivitas fisik berupa aerobik secara rutin meningkatkan kebugaran Anda dan kapasitas Anda untuk berolahraga. Selain itu, hal ini juga berperan baik dalam pencegahan primer maupun sekunder terhadap penyakit kardiovaskular. Kurang aktif secara fisik merupakan faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke dan dikaitkan dengan kematian yang berhubungan dengan kardiovaskular.

Melakukan aktivitas fisik secara rutin dapat membantu mengontrol kelainan lemak darah, diabetes, dan obesitas. Aktivitas fisik berupa aerobik juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Hasil dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang memodifikasi perilaku mereka dan memulai aktivitas fisik secara rutin setelah mengalami serangan jantung memiliki tingkat harapan hidup dan kualitas hidup yang lebih baik. Baik orang yang sehat maupun pasien penyakit kardiovaskular dapat meningkatkan kebugaran dan performansi olahraga mereka melalui latihan (training).

Bagaimana aktivitas fisik dapat membantu kondisi tubuh saya?

  • Beberapa aktivitas memperbaiki fleksibilitas, sementara yang lainnya membangun kekuatan otot, dan beberapa lainnya meningkatkan stamina dan daya tahan (endurance).  
  • Beberapa bentuk dari aktivitas yang berkesinambungan ini  meliputi penggunaan otot besar di lengan atau kaki Anda. Aktivitas ini dikenal sebagai olahraga aerobik atau olahraga untuk menguji daya tahan. Aktivitas seperti ini membantu jantung Anda dengan membuatnya bekerja secara lebih efisien selama olahraga dan saat beristirahat. 
  • Berjalan cepat, lompat tali, jogging, bersepeda, dan berdansa adalah contoh dari aktivitas aerobik yang meningkatkan stamina dan daya tahan.  

Bagaimana saya dapat memperbaiki kebugaran fisik saya?

Beberapa program yang dirancang untuk memperbaiki kebugaran fisik memperhitungkan frekuensi (berapa sering), intensitas (berapa berat), dan waktu (berapa lama). Program-program ini menghasilkan kondisi fisik yang terbaik.

Formula FIT:

F = frequency (jumlah hari per minggu)

I = intensity (berapa keras, misalnya mudah, sedang, berat) atau persen denyut jantung

T = time (waktu untuk setiap sesi atau hari)

Rekomendasi AHA

Bagi orang sehat:

Untuk mendapatkan kebaikan bagi kesehatan jantung, paru-paru dan peredaran napas, lakukan aktivitas aerobik dari intensitas sedang ke berat selama minimal 30 menit hampir setiap hari dengan 50–85% dari denyut jantung maksimum Anda. Anda dapat mengakumulasikan 30 menit ke dalam sesi-sesi 10 atau 15 menit. Yang penting adalah untuk memasukkan aktivitas fisik sebagai bagian dari latihan rutin.

Aktivitas ini sangat berguna jika dilakukan secara rutin:

  • Berjalan cepat, memanjat tebing (hiking), menaiki tangga, olahraga aerobik
  • Jogging, berlari, bersepeda, mendayung, dan berenang
  • Aktivitas seperti sepak bola dan bola basket yang meliputi kegiatan berlari secara terus-menerus

Efek latihan dari aktivitas seperti di atas paling nyata terlihat pada intensitas olahraga yang melebihi 50% dari kapasitas olahraga seseorang (denyut jantung maksimum). Jika Anda melakukan aktivitas fisik secara rutin dalam waktu yang lama atau dengan intensitas yang lebih besar, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan manfaat lebih. Namun jangan lakukan ini secara berlebihan. Terlalu banyak olahraga dapat menyebabkan pegal otot dan meningkatkan risiko terluka.

Bagaimana dengan aktivitas intensitas sedang?

Bahkan aktivitas dengan intensitas sedang, jika dilakukan setiap hari, dapat memberikan manfaat bagi kesehatan dalam jangka panjang. Aktivitas ini membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Berikut adalah beberapa contohnya:

  • Berjalan-jalan, berkebun, dan membersihkan halaman rumah
  • Melakukan pekerjaan rumah, berdansa, dan aktivitas / olahraga lain di rumah yang disarankan dokter
  • Aktivitas rekreasional seperti tenis, badminton, bola basket, sepak bola, dll

Faktor risiko apa yang diturunkan?

Aktivitas fisik secara rutin juga dapat membantu menurunkan atau menghilangkan beberapa faktor risiko di bawah ini:

  • • Tekanan darah tinggi: aktivitas aerobik rutin dapat menurunkan tekanan darah
  • • Merokok: perokok yang melakukan aktivitas fisik memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk mengurangi atau berhenti merokok
  • • Diabetes: orang-orang dengan berat badan ideal lebih sedikit mengalami diabetes. Aktivitas fisik juga dapat menurunkan kebutuhan insulin bagi penderita diabetes.
  • • Obesitas dan kelebihan berat badan: aktivitas fisik secara rutin dapat membantu menghilangkan kelebihan lemak atau mempertahankan berat badan yang sesuai.
  • • Kadar trigliserida tinggi: aktivitas fisik membantu menurunkan kadar trligliserida. Trigliserida tinggi dikaitkan dengan perkembangan penyakit arteri koroner pada beberapa orang.
  • • Kadar HDL yang rendah: kadar HDL (kolesterol baik) yang rendah (kurang dari 40 mg/dl untuk pria dan kurang dari 50 mg/dl untuk wanita) telah dikaitkan dengan risiko penyakit arteri koroner yang lebih tinggi. Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa aktivitas fisik rutin dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL secara signifikan, sehingga mengurangi risiko Anda terhadap penyakit arteri koroner.

Apa saja manfaat lainnya dari aktivitas fisik?

  • • Aktivitas fisik membangun tulang, otot, dan persendian yang sehat, serta mengurangi risiko kanker usus besar. Berjuta-juta orang Amerika menderita penyakit yang sebenarnya dapat dicegah atau diperbaiki dengan melakukan aktivitas fisik rutin.
  • • Aktivitas fisik juga membantu secara psikologis, dengan mengurangi perasaan depresi dan cemas, memperbaiki mood dan meningkatkan rasa nyaman / sejahtera.
  • • Pada tahun 1996, laporan dari Surgeon General’s Report mengenai aktivitas fisik juga mengatakan bahwa orang yang aktif memiliki risiko stroke yang lebih rendah.

Kapankah saya harus berkonsultasi dengan dokter?

Beberapa orang harus berkonsultasi dengan dokter mereka sebelum mereka memulai suatu program olahraga yang berat. Temuilah dokter Anda atau tenaga medis lainnya jika Anda mengalami satu atau lebih kondisi di bawah:

  • • Anda memiliki masalah jantung atau Anda pernah mengalami stroke, dan dokter Anda merekomendasikan hanya aktivitas fisik yang disupervisi secara medis.
  • • Ketika atau segera setelah Anda berolahraga, Anda sering mengalami rasa sakit atau tekanan di daerah dada sebelah kiri atau tengah, leher sebelah kiri, bahu, atau lengan.
  • • Anda mengalami sakit atau rasa tidak nyaman di dada selama sebulan terakhir.
  • • Anda cenderung kehilangan kesadaran atau jatuh karena pusing.
  • • Anda kesulitan / tidak dapat bernapas setelah mengeluarkan sedikit energi / tenaga.
  • • Dokter Anda merekomendasikan Anda untuk mengkonsumsi obat untuk memperbaiki tekanan darah, kondisi jantung, atau stroke Anda.
  • • Dokter Anda mengatakan Anda memiliki masalah pada tulang, persendian, atau otot yang bertambah parah dengan melakukan aktivitas seperti dijelaskan di atas.
  • • Anda memiliki kondisi medis atau alasan fisik lainnya yang tidak disebutkan di sini yang membutuhkan perhatian khusus dalam melakukan program olahraga (misalnya, diabetes yang bergantung pada insulin).
  • • Anda berusia paruh baya atau lebih, sudah lama tidak beraktivitas fisik, dan merencanakan program olahraga yang relatif berat.

Jika tidak ada satupun pilihan di atas yang sesuai dengan kondisi Anda, Anda dapat memulainya dengan program yang rasional dan meningkat secara bertahap sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda merasakan salah satu dari gejala fisik yang tercantum di atas ketika Anda memulai program olahraga, segera hubungi dokter Anda. Jika satu atau lebih dari kondisi di atas sesuai dengan yang Anda alami, exercise-stress test dapat digunakan untuk membantu merencanakan program olahraga Anda. Exercise-stress test adalah suatu metode skrining untuk menguji pengaruh olahraga terhadap jantung Anda. Tes ini memberikan gambaran secara keseluruhan mengenai kesehatan jantung Anda serta membantu dokter untuk mengetahui baik tidaknya kondisi jantung Anda dalam menangani beban kerjanya.  

 

 

Tag: Umum

 

Yang merating Note ini:


4 Komentar
Sesuai judul penting banget,,,,,
setuju sama om iyan.
Jadi inget salah satu episode Oprah. Pas ngebahas masalah AWET MUDA. Menurut Dokter Oz (klo gak salah ya), ternyata orang sekarang salah kaprah memahami kata AWET MUDA. AWET MUDA dikaitkan dengan kulit kencang, putih, cerah, dan tidak berkerut (tentunya) meski usia sudah kepala 3 ke atas.
Apa benar AWET MUDA? Usia menjelang 35 tapi wajah serasa 23 (hasil perawatan salon atau ahli kecantikan). Namun bila ditilik dari kemampuan fisik, sudah seperti berusia 45 bahkan mungkin 50. Koq bisa? Lihat saja, bila naik-turun tangga 5 lantai napas sudah tersengal-sengal, dengkul gemetar. Mengangkat tas kantor 2 – 5 kg terasa berat dan lekas lelah.
Padahal AWET MUDA itu lebih fair diukur dari kemampuan fisik dibandingkan dengan usia. Misalnya seorang petani berusia 60 tahun (kulit kendur, hitam, kusam, keriput pula), namun tidak kalah dengan kemampuan aktivitas seorang petani di usia 40an. Hal ini terjadi karena tubuh setiap hari digunakan dengan optimal. Organ jantung, paru-paru, otot, tulang dkk menjadi kuat.
Menurut Dr. Oz, Seseorang menjadi AWET MUDA disebabkan aktivitas fisik yang optimal, bukan semata karena perawatan kecantikan. Seperti tulisan “Manfaat aktivitas fisik” dari Om Sujatmiko di atas.
Sebelumnya Mohon maaf kalo ada salah...
Lakukan Login untuk memberikan komentar.