Natasya Rusbandi

Penting +43 rating

MENGHINDARI KECELAKAAN BERSEPEDA DI JALAN RAYA
 Natasya Rusbandi27 April 2011, 14:0322 komentar di Kategori: Umum

Kecelakaan sepeda dijalan raya mungkin masih jarang terjadi di jalan. Tetapi kecelakaan bisa terjadi kapan saja. Untuk mereka yang merasa sering berkendaraan dengan sepeda. Dibawah ini tip agar lebih aman dan menghindari kecelakaan dijalan raya.



Persimpangan jalan
Gunakan lampu bila sering menghadapi jalan dengan persimpangan jalan yang gelap. Bunyikan bel, jawaban terbaik adalah mengalah dan memberikan kendaraan melewati lebih dahulu. Tip aman, mengalah.

Persimpangan Jalan

Bonus pintu mobil
Kecelakaan yang satu ini agak sulit. Teknik menghindari nyaris tidak ada, kecuali bagi pengendara sepeda menjauhi jalur parkir dimana banyak pengendara mobil sedang turun. Hindari melalui jalur ramai seperti jalur parkir mobil, atau perlambat sepeda ketika melalui jalur seperti ini.

Bonus Pintu MobilBonus Pintu Mobil


Tabrakan dari depan ketika mobil berbelok
Tekniknya menghindari dijalur ini , memberikan lampu pada sepeda bila berkendara dimalam hari, memperlambat sepeda, jangan mengambil tempat pertama ketika berhadapan.  Berikan kesempatan bagi kendaraan lebih dahulu lewat. Kejadian seperti ini sering terjadi ketika hari mulai gelap.

Tabrakan Dari Depan Ketika Mobil Berbelok


Tabrakan dari arah depan ketika mobil berbelok
Keadaan yang satu ini cukup juga sering terjadi, pengendara sepeda biasanya tidak terlihat oleh pengendara mobil. Walau kendaran mobil biasanya tidak terlalu cepat, bisa saja mencelakai si pengendara sepeda. Ada baiknya mengalah dan memperlambat sepeda, karena pengemudi mobil akan terkonsentrasi ke sisi lain untuk melihat kendaraan besar dibanding melihat si pengendara sepeda.

Tabrakan Dari Arah Depan Ketika Mobil Berbelok

Lampu merah kematian
Kecelakaan dilampu merah, mungkin lebih kecil bila si pengendara sepeda saling berhadapan. Tetapi kecelakaan akan lebih banyak terjadi dari sisi  berdampingan dengan pengendara mobil dilampu merah. Biasanya pengendara mobil akan memusatkan perhatian ke sisi depan saja. Sedangkan sisi samping dianggap sudah aman. Sementara sepeda tidak terlihat dan akan bertabrakan atau terjepit disisi samping mobil
Ada 3 teknik yang aman. 
1. langsung menyeberang bila sepeda anda berada didepan, sehingga sepeda anda akan terlihat oleh mobil paling depan
2. menunggu kendaraan mobil melewati anda
3. menunggu kendaraan sebelumnya dan berada tepat dibelakang mobil paling depan

Lampu Merah Kematian


Menemukan penghalang jalan
Tidak dipungkiri gerakan sepeda lebih lincah dibanding kendaraan motor dan mobil. Tetapi membuang stir secara mendadak misalnya menghadapai halangan dijalan atau mengambil jalur kendaraan lain menjadi sangat berbahaya. Tipnya
1. mengalah saja bila kemungkinan anda tidak bisa melihat kendaraan lain di belakang.
2. gunakan cermin sepeda bila anda mau aman.
3. gunakan tangan anda bahwa anda akan mengambil jalur kendaraan dibelakang, dan bersyukur anda bisa terlihat.

Tip lain untuk menghindari kecelakaan dijalan raya dengan sepeda

  • Gunakan pakaian yang mudah terlihat
  • Gunakan lampu, tip paling aman agar terlihat oleh pengendara lain
  • Selalu memilih jalur lambat
  • Gunakan cermin sepeda
  • Tidak ragu untuk berhenti dan mengalah.

Menemukan Penghalan Jalan

 

 

Mohon maaf jika re-post, tetapi hal ini penting sekali untuk yang belum membaca, mudah-mudahan bermanfaat.

 

Tag: Umum , Kecelakaan , Jalan Raya , Lampu Merah

 

Yang merating Note ini:


22 Komentar
note yang sangat bermanpaat (ehh safa bilang orang sunda ndak isa ngomong eph pitnah itu)
@mashadi mulyo: note yang sangat bermanpaat (ehh safa bilang orang sunda ndak isa ngomong eph pitnah itu)

ahahaha....untung saya urang sunda jd gak marah, loohh ???
venting nih... siavavun yg sevedaan, semoga memverhatikan tivs ini...harus di smurf big grin
hatur nuhun ingpo-na ... aya mangpaat-na smile
perlu dibaca agar selamet dan wilujeng..... big grin
tetap waspada
penting dan wajib diperhatikan. cuma harus diadaptasi agar menjadi sistem kiri seperti di tempat kita
sperti nya saya susah tuk menerap kan sperti gambar di atas..tp trimasih jd ada masukkan nya bila gowes di jalan raya big grin oy .
hukum jalanan tetap berlaku krn kl gak di tabrak yah nabrakkkk....
@Zainal -Inal- Arifin L.: venting nih... siavavun yg sevedaan, semoga memverhatikan tivs ini...harus di smurf

hhhmmm kenapa jadi 'V', curiga nih ane...
@Agus Salim: hatur nuhun ingpo-na ... aya mangpaat-na

sami...insyaAllah ya kang big grin
@Nanuza: perlu dibaca agar selamet dan wilujeng.....

wah pasti selamet dan wilujeng wong Jowo yah ? tongue
@bolank: tetap waspada

beuuh...ada bang napi disini...
@ariW.: sperti nya saya susah tuk menerap kan sperti gambar di atas..tp trimasih jd ada masukkan nya bila gowes di jalan raya oy .
hukum jalanan tetap berlaku krn kl gak di tabrak yah nabrakkkk....

ya iyaa lah susah....situ kan yang suka ugal-ugal an pake sepeda di ragunan LOL
Tapi...yang lampu merah itu bener gak ya ? Soalnya yaaa saya emang selalu ada di sebelah mobil, takut kalo di belakang mobil nanti mobil yang di belakang saya ngajak kenalan lagi, saking kece nya saya crying
keadaan yg paling sering saya alami adalah ketika ada kendaraan besar yg berjalan pelan (sejajar dengan kita), maka kendaraan di belakang kita pasti akan mencoba menyalip kita. inilah bahayanya, karena pasti kita akan terpepet ke kiri atau kalo kita kaget akan bersenggolan dengan mobil yg menyalip kita.
Sip ! buat bekal ngowes di luar jadwal CFD.Soalnya cuma berani di jalur yang sepi.hehehe
@R. Tri Martono: keadaan yg paling sering saya alami adalah ketika ada kendaraan besar yg berjalan pelan (sejajar dengan kita), maka kendaraan di belakang kita pasti akan mencoba menyalip kita. inilah bahayanya, karena pasti kita akan terpepet ke kiri atau kalo kita kaget akan bersenggolan dengan mobil yg menyalip kita.

berarti om ada di kanan jalan dong ??
@Natasya Rusbandi: @R. Tri Martono: keadaan yg paling sering saya alami adalah ketika ada kendaraan besar yg berjalan pelan (sejajar dengan kita), maka kendaraan di belakang kita pasti akan mencoba menyalip kita. inilah bahayanya, karena pasti kita akan terpepet ke kiri atau kalo kita kaget akan bersenggolan dengan mobil yg menyalip kita.
berarti om ada di kanan jalan dong ??

ya ngga lah..saya tetap di pinggir kiri. kendaraan besar yg melaju sejajar dengan saya itu di tengah jalan dan mobil yg menyalip itu posisinya di antara saya dan kendaraan besar.
@Natasya Rusbandi: @ariW.: sperti nya saya susah tuk menerap kan sperti gambar di atas..tp trimasih jd ada masukkan nya bila gowes di jalan raya oy .
hukum jalanan tetap berlaku krn kl gak di tabrak yah nabrakkkk....
ya iyaa lah susah....situ kan yang suka ugal-ugal an pake sepeda di ragunan


hiihiihi LOL
combrooooooooooooooo big grin
Ntu gambar emg bukan utk di Indonesia, ntu gambar utk mobil2 dgn stir kiri... coba dech perhatiin smile
Terima kasih atas Tipsnya,, mengalah itu sangatlah penting....^_^
Lakukan Login untuk memberikan komentar.