hindin wahid

Penting +31 rating

Penyetelan Rem Cakram Mekanis
 hindin wahid03 Mei 2012, 22:2511 komentar di Kategori: Umum

Beberapa hari lalu saya mengganti ban kedua roda sepeda saya. Setelah proses penggantian ban selesai, roda kembali saya pasang. Setelah roda terpasang dan sepeda saya coba, muncul suara heboh gesekan logam dari rem belakang. Wah, bingung, apa yang terjadi ya? Saya coba setel ulang roda. Suaranya masih ada meski tak seheboh sebelumnya. Saya lalu ingat bahwa rem harus disetel ulang.

Pada note ini saya ingin berbagi pengalaman saya dalam melakukan penyetelan rem cakram mekanis karena rem belakang sepeda saya adalah rem cakram mekanis. Sebelum melakukan penyetelan saya browsing mencari informasi tentang rem cakram, setelah dapat saya praktikkan. Alat yang dibutuhkan adalah dua kunci L yang berbeda ukurannya (saya nggak inget ukuran tepatnya).

Rem Cakram

Langkah-langkah selanjutnya:

  1. Mengendurkan baut pengikat "B" hingga kaliper dapat bergerak bebas ke arah samping.
  2. Menyisipkan potongan kertas karton di antara brake pad dan rotor bagian dalam, lalu kencangkan sekerup "D," sambil menjaga agar tidak terlalu kencang agar kertas karton yang disisipkan tadi tidak rusak.
  3. Menarik tuas rem beberapa kali hingga penuh, lalu tanpa melepas tarikan pada tuas rem, mengencangkan kembali baut pengikat "B" secara bergantian. Maksudnya, tidak langsung satu baut (terdapat dua baut pengikat "B") dikencangkan sampai rapat, namun bergantian hingga diperoleh kerapatan sesuai rekomendasi buku manual.
  4. Mengatur jarak main rem dengan melakukan pengaturan pada barrel adjuster pada gambar "A." 

Sepeda lalu saya coba lagi, dan, bunyi-bunyian heboh sebelumnya tak terdengar lagi. 

Salam rem.

 

Tag: Umum , rem cakram mekanis , tektro novela

 

Yang merating Note ini:


11 Komentar
wah hampir sama cara nyetelnya kita om, "nyelipin sesuatu" tapi saya ngak pake karton soalnya sering robek waktu ditarik lagi sebagai gantinya, saya pake kertas plastik (yg buat ngejilid buku yg transparan itu loh smile ) biar gampang ditariknya om
Nice inpo Om
swiiipp owm
inpo bagus Oom....tp saya lom bisa praktekin (masih pake sistem V break)
Sundul gaann..sip dua jempol kalo punya ilmu dan pengalaman mau bagi2..jadi kita semua bisa mandiri dan lancar jaya saat gowes...ditunggu tips dan trik selanjutnya.
asik dpt ilmu baru...thx atas share nye om...
@yayi irawan BMX: thx om. jadi tambah lagi ilmunya.
@Cakyoh: Sundul gaann..sip dua jempol kalo punya ilmu dan pengalaman mau bagi2..jadi kita semua bisa mandiri dan lancar jaya saat gowes...ditunggu tips dan trik selanjutnya.

Semoga bisa terus berbagi om. Thx.
@om ndlahom: wah noteku dikomentari om ndlahom, thnaks om
semoga masuk surga org yg berbagi ilmu om..
terima kasih om hindin atas ilmunya,,,akan saya coba nih dirumah sore ini siapa tau bisa mengatasi masalah saya sebenarnya ketika ngerem belakang ga pekem, sudah merit tuas full ga ngerem pakem,..
Lakukan Login untuk memberikan komentar.