Hendra Firmansyah

Penting +16 rating

Perlengkapan Sepeda Gunung
 Hendra Firmansyah24 Januari 2011, 18:3910 komentar di Kategori: Umum

 Bermain sepeda pada jalur offroad sangatlah berbeda dibanding dengan di jalan raya. Banyak persiapan yang harus diperhatikan, baik fisik maupun sepeda. Untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan bersepeda yang jauh dari “peradaban” ada beberapa item yang perlu dipersiapkan. Berikut gambar beberapa perlengkapan sepeda gunung tersebut (note:bukan untuk downhill).

Rem Cakram (Disc Brake).
Seharusnya perangkat ini bukan kategori perlengkapan , tetapi karena pernah memiliki pengalaman buruk dengan v-brake. akhirnya saya masukkan saja ke dalam daftar.

 

 

Helm (Helmet).
Perangkat yang wajib untuk melindungi aset di tubuh kita yang paling berharga. Berat dan bentuk helm satu sama lainnya bisa beragam. pilih yang cocok untuk anda.

 

 

 

Sarung Tangan (Glove).
Berbagai tipe sarung tangan digunakan untuk melindungi tangan dan agar tangan tidak cepat lelah. Sarung tangan ini ada yang memiliki bantalan busa, kulit sampai ke gel.

 

 

Rescue tools (allen key plus set).

Perangkat ini harus selalu kita bawa saat bersepeda, berguna untuk menyelesaikan masalah pada sepeda kita. Biasanya berupa gabungan kunci ‘L’ (allen key) dan kunci lainnya. Kebanyakan baut pada sepeda gunung hanya bisa dikerjakan dengan kunci ‘L’.

 

Pengungkit ban (tire lever).
Berguna untuk membuka ban luar bila ban kia kempis. Biasanya dijual bersama dengan perangkat penambal ban seperti lem, amplas dan penambal.

 

 

Pemutus rantai (chain tool).
Berguna untuk memutuskan dan menyambung rantai sepeda. Sangat mungkin dalam sustu perjalanan bersepeda, rantai tiba-tiba terputus.

 

 

Pompa (pump).
Perlengkapan wajib bila harus memompa ban di tengah hutan (jauh dari peradaban). Biasanya alat ini memliki penampang untuk di kaitkan pada frame sepeda.

 

Ban dalam (inner tubes).
Walaupun pengunkit ban (tire lever) biasanya dilengkapi dengan alat tambal ban. Lebih baik membawa ban cadangan sendiri. lebih cepat dan ringkas. Sewaktu membeli perhatikan ukurannya, pastikan sesuai dengan ukuran ban luar.

 

 

 

First Aid Kit.
Aktifitas bersepeda, apalagi di pegunungan atau di perbukitan biasanya diwrnai dengan kejadian jatuh dari sepeda atau jenis kecelakaan lainnya. Yang wajib dibawa adalah perban, perekat,gunting, obat merah dan alkohol.

 

 

Hydra Pack atau botol minum.
Air adalah sesuatu yang wajib dibawa sewaktu bersepeda. Entah menggunakan botol atau hydra pack. Hydra pack adalah tempat air yang satu paket dengan tasnya, memiliki selang yang menjulur melewati punggung, tujuannya agar mulut kita dapat mengkonsumsi air dari selang. note: karena harganya mahal,kebetulan saya belum punya . Kapasitas air yang bisa ditampung antara 1,5- 2 liter.

 

Cleat Pedal System.
Sistem pedal khusus yang memiliki fungsi pengait ke sepatu. Dengan menggunakan pedal jenis ini, telapak sepatu tidak mudah terlepas dari pedal, sehingga tenaga yang disalurkan ke pedal lebih efisien. Penggunaan alat ini perlu latihan, seringkali pengendara sepeda terjatuh hanya karena tidak sempat melepaskan pengait sepatu dari pedal ini.

 

Sepatu MTB.
Untuk menggunakan cleat pedal system, diperlukan sepatu khusus juga. Sepatu ini mirip sekali dengan sepatu hiking, bedanya bagian telapaknya lebih keras (sangat kaku) dan memiliki besi pengait (cleat) di bagian telapak depannya.

 

 

 

Handphone.
Perangkat ini harus selalu di bawa, agar dapat menghubungi teman atau keluarga terdekat bila terjadi sesuatu. misalnya tertinggal rombongan atau nyasar di hutan

 

Penahan lumpur (mud fender).
enahan lumpur untuk roda depan yang dipasang di bagian bawah frame bukanlah untuk gaya-gayaan. Perangkat ini berguna untuk melindungi mata dari cipratan lumpur dan kerikil. Sangat berguna bagi yang menggunakan kaca mata minus yang biasanya tidak memiliki kacamata khusus.

 

Kacamata Sport.
Sangat disaranan untuk menggunakan kacamata sport untuk melindungi bagian penglihatan dari berbagai ancaman. misalnya jatuh di bagian muka, kerikil, lumpur dan lain sebagainya.

 

Jersey.
Baju khusus untuk bersepeda ini biasaya terbuat dari bahan yang elastis (mudah melar) dan memiiki banyak bolongan di bahannnya. Sangat nyaman digunakan untuk bersepeda, Bila kepanasan di siang hari, bahan baju ini cepat melepas panas di tubuh.

 

 

Bicycle short.
Celana khsus bersepeda ada bermacam – macam. Biasanya yang paling sering digunakan adalah model yang ketat dan satu lagi yang mirip celana pendek.

 

 

Sumber : http://diditho.net/2007/06/08/perlengkapan-sepeda-gunung/

semoga bermanfaat ....

 

Tag: Umum , Sepeda Gunung

 

Yang merating Note ini:


10 Komentar
siippp, pasti bermanfaat oom.
teruslah berbagi
Sayang belum punya semuanya nih om, beli satu satu smile itupun kalo stok susu anak terpenuhi smile bagaimana dengan jas hujan om?, apa ada jas hujan khusus pesepeda?
@krisnaroopa candraraj: iya ohm, keluarga pasti harus nomor satu,
kl jas hujan sementar sih pake jas hujan yg buat motor aja ohm smile
minum telor ayam kampung campur madu om biar tambah kuat macul jalur offroadnya.hehehe
tambah pintar lagi nih ikut komunitas B2W...
handphonenya keren om, pas buat main lumpur...
Mantapzzz.....boleh ijin nambah om :
1. kaos kaki selutut untuk menerjang ranting/ilalang
2. dengkul+siku protektor
3. jangan malu bertanya bila tersesat (eh ini masuk kelengkapan gak ya hehe...)
4. raincoat jaga2 kl hujan d jalan
5. plastik utk bungkus alat2 elektronik saat hujan (sering lupa neh...)
@Taufan Isharmawan: iya itu ericsson type R310S, memang didesain buat outdoor ohm ... sy jg msh ada sayang
sdh krg bagus sinyal lemah...
nambah om, GPS dan peluit darurat smile
Lakukan Login untuk memberikan komentar.

 

Note terkait:

Kitab Suci Pesepeda Gunung
21 Juli 2011, 14:56
Tips Bersepeda
26 Januari 2011, 16:49
Tips Membeli Pakaian Untuk Sepeda Gunung
11 Februari 2011, 14:49