GIPSYPEMALANG

Penting +15 rating

Sepeda Ideal Untuk Bike to Work
 GIPSYPEMALANG05 Maret 2013, 23:2514 komentar di Kategori: Umum

Jenis SEPEDA apa yang IDEAL UNTUK BIKE TO WORK? Jawabannya bisa saja relatif, related to medan (jalan yang dilalui) terutama. Beda trek sepeda, bisa berbeda pilihan jenis ‘tema gowes’ kita ini (idealnya). Karena aktivitas bike to work sejatinya merupakan aktivitas rutin harian kita membutuhkan sepeda yang ideal dan handal untuk melakukannya, meski sebagian rekan memang masih B2W sepekan sekali.

 

Berdasarkan pengalaman rekan-rekan cyclist di BIKE TO WORK INDONESIA, pembagian jenis sepeda menurut trek yang dilalui sepanjang perjalanan menuju tempat kerja dijelaskan sebagai berikut.

Trek dengan Kondisi Dominan Jalan Rusak

Untuk medan dengan kondisi jalan banyak yang rusak paling aman menggunakan sepeda jenis Hybrid dan MTB. Sepeda hybrid memang mempunyai banyak keunggulan untuk B2W, karena tapak banyak relatif agak lebar, biasanya ukuran 700 X 35 – 38, sehingga masih berani melewati jalan yang tidak rata, apalagi jika ditunjang dengan penggunaan suspensi depan juga.

 

Lingkar rodanya yang berukuran 700c menjanjikan laju kecepatan yang cukup tinggi. Untuk sepeda jenis MTB yang biasanya menggunakan ukuran ban yang lebar,  ukuran 26 X 1.75 – 2.10 sangat handal untuk melibas jalan rusak dan berlubang. Apalagi jika memakai suspensi depan maupun belakang. Kelemahan dari sepeda MTB untuk B2W adalah bobotnya yang lebih berat dan efisiensi kayuhan yang berkurang karena tapak ban yang lebar rolling resistantnya tinggi, lingkar roda yang lebih kecil (26 dan perlawanan gaya hentak saat mengayuh yang diakibatkan oleh penggunaan suspensi depan dan belakang (bobing).

Sementara penggunaan ban dengan ukuran tapak lebih kecil, misal 26 X 1.38 – 1.50 sangat membantu karena dengan ukuran ban itu masih memungkinkan untuk melewati jalan jelek dan efektifitas kayuhan masih relatif tinggi. Untuk ukuran 26 X 1.00 – 1.25 menurut sejumlah rekan di BIKE TO WORK INDONESIA kurang direkomendasikan karena mudah bocor untuk jalan rusak, kecuali yang memiliki fitur anti puncture, namun dengan harga cukup mahal.

Trek dengan Kondisi Dominan Jalan Mulus

“Untuk medan dengan kondisi jalan mulus bisa menggunakan sepeda jenis City Bike, road bike (disarankan yg memakai stang flat bar, karena jika menggunakan drop bar akan cukup merepotkan ketika membawa tas punggung), Hybrid dan sepeda lipat”, demikian Saran Rekan Agung Baskoro dari BIKE TO WORK INDONESIA .

Jika kita menginginkan efisiensi penggunaan tenaga dan waktu direkomendasikan memakai road bike dan hybrid, karena biasanya 2 jenis sepeda ini memakai lingkar roda 700c sehingga kayuhan kita lebih sedikit untuk jarak yang sama dibandingkan lingkar roda 26’, 20’ dan 16’. Selain itu road bike dan hybrid biasanya mempunyai chain wheel depan yang besar (sampai 52T) dan gear sprocket belakang yang kecil (sampai  11T). Dua jenis sepeda tersebut di atas juga memiliki ukuran tapak ban yang kecil, sehingga rolling resistant terhadap permukaan jalan juga lebih kecil.

Tetapi untuk ukuran ban yang sempit memperbesar resiko lebih mudah bocor. Terutama jika terkena pecahan kaca yang kecil-kecil. Untuk City bike cukup ok juga terutama dari sisi kenyamanan tapi lajunya masih kurang cepat karena biasanya ukuran chain wheel depan medium dan gear sprocket belakang yg kurang kecil (biasanya terkecil 14T). Untuk sepeda lipat? Sangat ideal terutama bagi yang menerapkan mix commuting dan kepraktisan saat parkir karena bisa dilipat dan di bawa ke dalam ruangan, kekurangannya terletak pada ukuran lingkar roda yang kecil sehingga laju dan efisiensi kayuhan relatif kurang.

Trek dengan Kondisi Kombinasi Jalan Mulus dan Rusak

Untuk B2W dengan kondisi jalan campuran antara mulus dan rusak direkomendasikan menggunakan sepeda Hybrid, sebagaimana keunggulan-keunggulannya telah dijelaskan sebelumnya. Sesuai dengan gelar yang disandangnya ‘Hybrid’ tipe jenis sepeda ini memang dirancang untuk mengakomodir dua medan sekaligus yang berbeda, light off-road dan on-road biking.

Meski demikian, pilihan tetap ada di tangan Sobat cyclist untuk menentukan SEPEDA IDEAL UNTUK MENEMANI AKTIVITAS BIKE TO WORK Sobat. Apapun sepeda pilihannya, tetap Happy cycling ya Sob

 

sumber thingsbike.com

 

Tag: Umum

 

Yang merating Note ini:


14 Komentar
Kreteria diatas,bagus untuk idealisma pesepeda,....kejadian yg ada saat ini yaitu,B2W dgn sepeda "sak ono ne" pepatah jwa "penting ngglinding" he he he
*saya sedang bikin note tentang dulu aku milih-milih sepeda juga. tp belom kelar nulisnya ^^
pemilihan sepeda ideal memang harus dilakukan pada awal pembelian, jadi biar gak salah pilih, daripada beli mahal2 tapi sabtu minggu nganggur hehehe
idealnya , satu sepeda road/ khusus B2W , satu MTB , satu seli , eh * big grin
ke pasar bawa,citybike pake kranjang. ke kantor bawa MTB 18". "minggat" pake Selli.
@Sugeng P.Putro: Kreteria diatas,bagus untuk idealisma pesepeda,....kejadian yg ada saat ini yaitu,B2W dgn sepeda "sak ono ne" pepatah jwa "penting ngglinding" he he he

idem sama saya om.. adanya Seli...pakenya Seli.. kalo pake sepedanya nyonya ada keranjangnya ntar disangka bukan B2W tapi B2M (bike2market).. hehehehe
@Arum Tisnawati: ke pasar bawa,citybike pake kranjang. ke kantor bawa MTB 18". "minggat" pake Selli.

"Minggat" wiiiidddiiiiii,serem amat.
Kalau menurut saya hybrid lebih ke dominan jalan mulus dan sedikit jalan cross country, makanya tapak ban sepeda hybrid lebih kurus dengan lingkar yang lebih besar 700c. Dgn lingkar ban seperti itu, ban akan menapak di aspal lebih sedikit sehingga laju lebih kencang
kalo b2w sih enaknya pake ng'hybrid' om.
suwun infonya, jadi tambah ilmu bersepeda...
buat saya pribadi b2w pake sepeda apapun kok enak yak:
-pake seli enaknya kalo di tengah jalan capek atawa bocor bisa tinggal lipet setop angkot/ojek
-pake MTB enaknya bisa lebih bebas menyiksa sepeda
-pake hybrid enaknya bisa ngebut sengebutnya
sy pribadi sempat dilema walau sudah baca2 artile, akhirnya sy putuskan pakai XC Hardtrail, kenapa ?

sy anggap kalau pakai seli, seperti kurang serius gitu smile
ada yg perna pake sepeda downill?? rolling on the floorrolling on the floor
ada rencana beli sepeda road bike buat rute yg pp ny 100km n dominan halus/rata jalannya, akhir bulan belanja ccyynnn big grin. doakan supaya duitnya kumpul
Lakukan Login untuk memberikan komentar.