GIPSYPEMALANG

Penting +9 rating

TEORI TEKNIK BUNNY HOPPING ???
 GIPSYPEMALANG05 Januari 2012, 11:563 komentar di Kategori: Umum

 

ane comot artikek ini dari kaskus.us big grin

TEKNIK BUNNY HOPPING adalah trik melompat dengan sepeda untuk melewati obstacle/rintangan seperti akar pohon, tangga berundak, trotoar jalan dsb. Dikatakan bahwa kunci sukses teknik ini ada pada posisi bagian cengkeraman tangan dan pijakan kaki pada pedal yang harus kuat. Konon bagi yang sudah ahli dengan teknik Bunny Hop, lompatan sepeda dapat mencapai 1 meter.

Secara garis besar, teknik ini diawali dengan mengangkat ban depan dengan menarik stang semaksimal mungkin, kemudian diikuti dengan gerakan mendorong kembali dengan cepat stang ke depan disertai gerakan kaki sampai akhirnya ban belakang juga terangkat sama tinggi dengan ban depan. Selanjutnya mendarat di tanah dengan kedua ban atau ban belakang terlebih dahulu.

 

Berikut detil TEORI TEKNIK BUNNY HOPPING :

1. BERI TEKANAN KEBAWAH
Maksud dari langkah ini adalah pergerakan badan menunduk saat meberikan tekanan ke bawah dengan posisi badan tetap pada posisi centre lebih dominan condong ke depan.

2. TARIK KE BELAKANG
Saat posisi badan menunduk, dan kecepatan sudah mencukupi, tarik handle bar ke arah belakang secara spontan, tetapi tetap di imbangi. Dengan catatan saat mengangkat roda depan, jangan di sertai dengan menggoes karna tidak akan berhasil nantinya.
tips : latihlah langkah yg ke dua ini terus menerus hingga kita pada posisi whelie tanpa di goes, tapi tetap stabil.

3. TARIK KE ATAS
Jika kita sudah bisa menguasai langkah yg ke dua, lanjutkan dengan langkah berikut dengan mengangkat roda belakang pada saat whellie tadi dengan cara posisi badan kita seperti lompat di atas pedal, tetapi tetap sambil mengungkit pedal ke arah atas, sehingga posisiroda belakang sama tingginya dengan roda depan.

4. STABIL
Usahakan tetap stabil pada saat anda melayang di udara, karena apabila tidak stabil bisa miring ke kanan atau ke kiri, bahakan ke arah depan dan roda depan yg jatuh dahulu, itu akan menyebakan agan akan jatuh.

5. LANDING
Landing atau mendaratlah secara mulus setelah melalui rintangan dengan posisi mendarat dengan ke dua roda ataupun roda belakang dahulu yg mendarat di tanah.

Kira-kira demikian teorinya, mudah-mudahan selaras dengan praktiknya, selamat mencoba TEORI TEKNIK BUNNY HOPPING ini Sob, semoga sukses ya…

Belajar teknik bunny hopping rasanya kurang pas jika dipaparkan dengan teori materi tertulis, lebih pas jika kita simak video step by step guide – how to do bunny hop berikut. Maaf ya, yang mandu bule, jadi masih pake bahasa asli sono…namun saya yakin sobat cyclist cukup bisa memahaminya dengan panduan visual ini.

 

 

Tag: Umum

 

Yang merating Note ini:


3 Komentar
saran aja neh, kalo pengen belajar lebih baik jok dibikin turun serendah mungkin, soalnya pantat bakalan otomatis kebawah.. Kalo pengen loncat vertikal ampe 1m badan harus rada merunduk kebawah, kalo loncat jauh/horizontal ampe 3m maka speed harus tinggi...
http://www.youtub...tch_response ...video ini juga ttg bunny hop..cukup menarik..
tips:
Sebelum mempelajari teknik2 apa pun sebetulnya ada hal yang lebih penting untuk diperhatikan, yaitu mengenai jenis sepeda (peruntukan) dan (ukuran sepeda).

Mengapa ukuran berpengaruh?
Karena memainkan suatu teknik adalah mengenai momentum, sedangkan ukuran sepeda yang berbeda dan ukuran tubuh yang berbeda memiliki titik keseimbangan yang berbeda. Otomatis momentum yang berbeda.
Dan itu berarti praktis yang berbeda, meskipun secara teknis sama.

Sedangkan jenis sepeda selain menentukan geometri yang pada akhirnya menentukan ukuran, juga akan menentukan bahan, fitur2 tertentu yang pada akhirnya akan menentukan ukuran berat.



ps. Bukan berarti jenis sepeda yang salah dan ukuran sepeda yang salah akan memustahilkan melakukan suatu teknik sepeda, tetapi akan mempersulit penggunaan sebuah teknik, apalagi bagi pemula.
Walaupun tidak menutup suatu kemungkinan kemustahilan.

Contoh ekstrim untuk bicycle (sepeda beroda dua) yang mustahil digunakan untuk teknik bunny hop adalah sepeda low-rider. Geometry dan posisi duduk akan memustahilkan pengendara bahkan hanya untuk berdiri saat berkendara. apalagi mau press-down dan hop.

Contoh lainnya, sebuah sepeda road-bike dan Cross Country dengan ukuran yang tepat akan menyebabkan sepeda terlalu sulit untuk melakukan wheely (berdiri/melaju hanya dengan roda belakang, sedangkan roda depan terangkat)
Lakukan Login untuk memberikan komentar.