Cakyoh

Penting +43 rating

TIPS!! Cara Menyetel RD (Rear Derailluer) Sepeda.
 Cakyoh28 September 2011, 13:4132 komentar di Kategori: Umum

Om Tante, Mungkin selama ini pernah mengalami gangguan kecil saat lagi asyik bersepeda, yaitu pemindah gigi bagian belakang /RD (Rear Derailluer) tidak berjalan smooth, bunci krecek-krecek, atau pindah gigi sendiri saat kita gowes, pasti tidak nyaman dan mengganggu sekali, bahkan membuat kita was-was takut terjadi kenapa-napa, misal rante bisa putus karena pindah gigiya macet, atau RD patah karena saat dipindah giginya nyangkut. Kali ini saya mau berbagi ilmu cara setting RD untuk beberapa kasus. (klik gambar untuk zoom)

   

Kasus  Pertama.

  1. KASUS : RD belakang bunyi krecek-krecek, pindah gigi tidak smooth, gigi kadang pindah sendiri.
  2. Untuk kasus ini yg perlu di setting adalah kabel baut setelan di Kabel RD (Cable Adjustment Barrel) – Lihat di gambar BAUT KABEL RD no. 1 dan BAUT CABEL Shifter no. 5
  3. Cara setting : Ambil posisi badan lurus dengan ban belakang, incar letak sprocket (set gigi belakang)  dengan rantai atas dan bawah, settingan yg benar dan normal posisi rantai atas dan bawa sejajar, jika tidak sejajar artinya kita harus setting ulang, settingnya cukup memakai BAUT KABEL dekat RD (No.1)  atau BAUT KABEL  pada Shifter Belakang (No.5).
  4. Saat setting BAUT KABEL  no. 1 atau  BAUT KABEL no.5 perlu ketelitian, harus penuh perasaan, gunakan standar ulix (agar posisi ban belakang bisa terangkat) saat setting  sebaiknya sambil memutar crank agar kita bisa tahu pergerakan rante sudah smooth atau belum, intinya setting ini mengarahkan PULLEY yg mengerakkan rantai ke kanan dan ke kiri agar bisa lurus dengan sprocket (rangkain/set gigi belakang).
  5. Lakukan setting sampe dirasa cukup presisi,  test semua pemindahan gigi dari gigi terkecil sampe gigi terbesar, pastikan semua gigi lancar saat naik dan turun tidak ada yg lompat dan meleset, settingan ini hanya merubah ketegangan kabel shifter belakang agar bisa memandu PULLEY meluruskan rante sesuai gigi operan yg kita mau.
  6. Untuk praktek setting pertama kali ada baiknya didampingi teman yg berpengalaman, atau mekanik, tapi modal nekat setting sendiri juga tidak apa2, jangan terlalu takut salah, kalo bingung kan bisa tanya jawab via online di tread/ forum ini he2…

Kasus Kedua

  1. KASUS : Rante suka lepas saat di gigi terbesar atau di gigi terkecil.
  2. Lepasnya rante dari gigi terbesar/terkecil di sebabkan karena settingan BAUT (+) dan BAUT (-) yg kurang pas.
  3. Fungsi BAUT (+) adalah sebagai pembatas/limiter gigi terkecil, kalo terlalu kendor akan menyebabkan PULLEY pengarah rantai melampaui titik/batas terakhir dan rante menjadi lepas dari gigi terkecil, cobalah setting ulang kencangkan/kendorkan BAUT (+) sambil di incar dari arah sejajar ban belakang, pastikan PULLEY  berhenti sejajar dengan gigi terkecil dan rante atas bawah lurus segaris dengan gigi terkecil.
  4. Fungsi BAUT (-) adalah sebagai pembatas/limiter gigi terbesar/teringan,  kalo terlalu kendor akan menyebabkan Pulley pengarah rantai melampai titik/batas terakhir dan rante menjadi lepas dari gigi terbesar , cobalah setting ulang kencangkan/kendorkan BAUT (-) sambil di incar dari arah sejajar ban belakang, pastikan PULLEY  berhenti sejajar dengan gigi terbesar dan rante atas bawah lurus segaris dengan gigi terbesar.

 

Kasus Ketiga

 

  1. KASUS : Rante suka pindah gigi sendiri saat lewat jalan makadam, bahkan sampe lepas.
  2. Kasus seperti ini bisa diatasi dengan  cek BAUT (+) dan BAUT (-),  setting ulang dan pastikan benar, baca ulang tulisan di atas (Kasus Kedua)
  3. Kasus ini bisa juga di atasi dengan cara men-setting ulang BAUT no. 4, baut ini berfungsi untuk menyetel ketegangan rante (mirip di motor), kalo rante terlalu kendor (nge-testnya dengan mendorong2  rante bawah ke-arah atas. Kalo dirasa terlalu kendor, kencangkan sedikit BAUT no.4 test dan rasakan sampe dirasa ketengangan  rante dirasa cukup, untuk setting ini perlu perasaan dan kebutuhan, masing2 orang beda!  yg penting jangan terlalu kendor rantainya agar tidak mudah lepas, atau jangan terlalu tegang karena kalo terlalu tegang saat pindah gigi dengan kecepatan tinggi rante bisa putus karena rante tersentak secara tiba2 di posisi tegang.

Nah untuk sobat sepeda yg masih bingung dan mengalami kasus yg belum saya tulis bisa tanyakan langsung, mari kita diskusi dan berbagi ilmu, untuk sekedar jadi catatan, di pasaran banyak sekali model, tipe, merek, dan seri RD, mungkin bentuknya sedikit berbeda tapi intinya fungsi settingan sama. Jadi kalo mau konsultasi dan tanya jawab silahkan share RD merek dan tipe apa, kalo perlu sertain fotonya  (posting di album foto dan share linknya) agar saya mudah membantu mengasih tips dan cara yg simple dan bisa dilakukan sendiri.

dok foto : Mbah Google.

 

Tag: Umum , Cara Menyetel RD (Rear Derailluer) Sepeda

 

Yang merating Note ini:


32 Komentar
Om Yohanes terima kasih infonya. Mantapsss

Ketel
nice info om cakyoh...
saya punya 2 masalah pd RD tourney 7 sp, mohon bantuannya:
1. saat pindah dari gir besar ke kecil susah, selalu selisih 1 angka dg shifter. misal gir no 4 tp di shifter sdh di no 5. pdhl jk pdh dr gir kecil ke besar gak masalah.
2. rantai gak bs pdh ke gir terkecil, tp kalo saya seting bs pdh ke gir terkecil gantian gak bs pdh ke gir terbesar...
tx for your help caya 2 masalah pd RD tourney 7 sp, mohon bantuannya:1. saat pindah dari gir besar ke kecil susah, selalu selisih 1 angka dg shifter. misal gir no 4 tp di shifter sdh di no 5. pdhl jk pdh dr gir kecil ke besar gak masalah.2. rantai gak bs pdh ke gir terkecil, tp kalo saya seting bs pdh ke gir terkecil gantian gak bs pdh ke gir terbesar...tx for your help cak...


k...
Horeee ngacak2 RD lagiii... aku masih mumet sama 2 baut (HI & LOW)... omteti sudah ganti Hose & kabel shifter. ternyata disana gangguannya...
omYO, sudah coba menggunakan 2 roda berjalan ?.. Ban belakang ditaruh di 2 pipa besi & digenjot. Karena kadang2 kita harus bersepeda dulu utk mengetahui kekurangan hasil setelan kita. Krn punya alat 2 pipa tsb, saat keluar rumah sepeda kita sudah siap tempur. asik belajar lagiii....
@Iwan Setyo Wibowo: nice info om cakyoh...
saya punya 2 masalah pd RD tourney 7 sp, mohon bantuannya:
1. saat pindah dari gir besar ke kecil susah, selalu selisih 1 angka dg shifter. misal gir no 4 tp di shifter sdh di no 5. pdhl jk pdh dr gir kecil ke besar gak masalah.
2. rantai gak bs pdh ke gir terkecil, tp kalo saya seting bs pdh ke gir terkecil gantian gak bs pdh ke gir terbesar...
tx for your help caya 2 masalah pd RD tourney 7 sp, mohon bantuannya:1. saat pindah dari gir besar ke kecil susah, selalu selisih 1 angka dg shifter. misal gir no 4 tp di shifter sdh di no 5. pdhl jk pdh dr gir kecil ke besar gak masalah.2. rantai gak bs pdh ke gir terkecil, tp kalo saya seting bs pdh ke gir terkecil gantian gak bs pdh ke gir terbesar...tx for your help cak...


k...
Coba bersihkan RDnya & kabel shifternya dulu, kapan terakhir ganti Hose & kabel shifter ??.. krn aku baru saja bermasalah dgn seretnya pergantian gigi.
Sudah punya anting serep dirumah ?...
@Iwan Setyo Wibowo: nice info om cakyoh...
saya punya 2 masalah pd RD tourney 7 sp, mohon bantuannya:
1. saat pindah dari gir besar ke kecil susah, selalu selisih 1 angka dg shifter. misal gir no 4 tp di shifter sdh di no 5. pdhl jk pdh dr gir kecil ke besar gak masalah.
2. rantai gak bs pdh ke gir terkecil, tp kalo saya seting bs pdh ke gir terkecil gantian gak bs pdh ke gir terbesar...
tx for your help caya 2 masalah pd RD tourney 7 sp, mohon bantuannya:1. saat pindah dari gir besar ke kecil susah, selalu selisih 1 angka dg shifter. misal gir no 4 tp di shifter sdh di no 5. pdhl jk pdh dr gir kecil ke besar gak masalah.2. rantai gak bs pdh ke gir terkecil, tp kalo saya seting bs pdh ke gir terkecil gantian gak bs pdh ke gir terbesar...tx for your help cak...


k...


1. Posisikan shifter ke posisi gigi terkecil, terus Coba kendorin BAUT (+) agar PULLEY bergerak turun lagi dan rante bener2 ke gigi paling kecil, jangan sampe kekendoran! nanti rante malah lepas melewati batas gigi terkecil. Kalo BAUT (+) sudah kendor rante belum turun ke gigi terkecil, coba kendorin kabel shifter dengan memutar BAUT KABEL maju, rasakan kabel shifter mengendor terus rante bergerak turun ke gigi terkecil, setting sampe (Pulley-Gigi terkecil-rante atas-rante bawah) sejajar dan presisi.

Intinya masalah no 1 & 2 biang keroknya adalah BAUT (+) limiter gigi terkecil terlalu kedalam (terlalu kencang), bisa juga kabel shifter yg terlalu tegang sehingga rante tidak bisa turun ke gigi terkecil.
@om teti : tx pencerahannya. saya coba ya om...shifter plus kabel shifter barusan ganti bln agustus kemarin, tp hosenya gak ganti dan kmrn lupa belom bersîhin. serep anting RD lom punya om...
@cakyoh tx pencerahannya, saya coba deh triknya cak..ya. saya coba ya om...shifter plus kabel shifter barusan ganti bln agustus kemarin, tp hosenya gak ganti dan kmrn lupa belom bersîhin. serep anting RD lom punya om...@cakyoh tx pencerahannya, saya coba deh triknya cak...
.
Info yg bermanfaat um, semoga kedepan pabila ada sesuatu dgn RD setidaknya bs tau gejalanya n gmn ngatasinnya...
makasih om atas pencerahanya big grin
ouw brarti adjusting barrel yg dket pangkal kabel di RD itu yg msti diputer2 y...
slama ini taunya cm yg diujung shifter itu yg diputer,mirip kyk ngubah stelan rem
kalo cara tesnya pake standar biasa bwt tumpuan trus speda agak dicondongkan ke kiri smpe ban blakang terangkat lalu pedal dipancal, aman kan?


oiyo cak, tntg perawatan RD itu yg msti dilumasi apa aja y?
slama ini cuma pegas RD & porosnya kerekan/pulley aja yg dikasi oli...
Very nice info. Sangat bermanfaat walaupun prakteknya tidak seindah tulisannya hehehehe...
Saya sudah bereksperimen dengan setting menyeting RD dan alhamdulillah hasilnya jadi ndak karuan LOL

Saya pun memutuskan untuk menyerahkan saja pada ahlinya hehehehe...
om yoh.. sepeda MTB saya kalo dipakai gowes suka bunyi "cek cek cek" setiap gowesan nya muter satu rotasi. Tapi waktu saya hanya memutar2 gowesannya saat saya sedang tidak mengendarainya ( cuman ngecek ada yg masalah apa gk ), bunyi nya malah gk ada. Bunyi nya terdengar dari crank depan. Saya udah cek FD nya tapi gk masalah. Ada apakah gerangan pada sepeda saya ?
mohon bantuannya.
@A. Luqmana: ouw brarti adjusting barrel yg dket pangkal kabel di RD itu yg msti diputer2 y...
slama ini taunya cm yg diujung shifter itu yg diputer,mirip kyk ngubah stelan rem
kalo cara tesnya pake standar biasa bwt tumpuan trus speda agak dicondongkan ke kiri smpe ban blakang terangkat lalu pedal dipancal, aman kan?


oiyo cak, tntg perawatan RD itu yg msti dilumasi apa aja y?
slama ini cuma pegas RD & porosnya kerekan/pulley aja yg dikasi oli...


Pake standar itu hanya untuk memudahkan setting dan test, bisa pake akal lain, misalnya di balik sepedanya.

Perawatan aku biasa pake minyak singer/minyak mesin jahit, untuk membersikan saya pake solar, selain mengandung pelumas solar membantu nahan karat dan korosi rante
@Taufik Winahyo: Very nice info. Sangat bermanfaat walaupun prakteknya tidak seindah tulisannya hehehehe...
Saya sudah bereksperimen dengan setting menyeting RD dan alhamdulillah hasilnya jadi ndak karuan

Saya pun memutuskan untuk menyerahkan saja pada ahlinya hehehehe...


Baca tulisan coba-->> berantakan--> garuk2 kepala --> bawa kebengkel --> nyontek dan liat2 --> ingat2 --> coba lagi, lama2 juga bisa wakak
@Mohamad Naufal Ihsan: om yoh.. sepeda MTB saya kalo dipakai gowes suka bunyi "cek cek cek" setiap gowesan nya muter satu rotasi. Tapi waktu saya hanya memutar2 gowesannya saat saya sedang tidak mengendarainya ( cuman ngecek ada yg masalah apa gk ), bunyi nya malah gk ada. Bunyi nya terdengar dari crank depan. Saya udah cek FD nya tapi gk masalah. Ada apakah gerangan pada sepeda saya ?
mohon bantuannya.


Bisa jadi bottom bracket (BB)nya kena air berkarat dan saatnya di servis.. coba cek dengan mekanik pengalaman..kalo deket saya bisa bantu cek free..
Bisa jadi bottom bracket (BB)nya kena air berkarat dan saatnya di servis.. coba cek dengan mekanik pengalaman..kalo deket saya bisa bantu cek free..

harus beli crank set yah om ??
@Mohamad Naufal Ihsan: Bisa jadi bottom bracket (BB)nya kena air berkarat dan saatnya di servis.. coba cek dengan mekanik pengalaman..kalo deket saya bisa bantu cek free..

harus beli crank set yah om ??


sepedanya jenis apa? cukup beli BB aja ga perlu crank set, namanya BB kotak, pilih yg model Sealed Bearing, Biasa merek Shimano UN 26 atau Neco, kalo beli bawa sepedanya soalnya BB macem2 panjangnya jangan sampe salah tipe, harga berkisar 60-80rb..pasang sekalian ama mekaniknya, BB jenis sealed beraing lebir loncirr lohh
@Cakyoh: buat MTB united venus yg BB nya bagus dan cocok kira2 merk apa om ?
andaisaja di laman ini ada ruang bike clinic, tanya jawab seputar sepeda dg cakyoh sbg penjaga gawangnya, mantep tuh... py cak?
@Mohamad Naufal Ihsan: @Yohanes Harnawan @cakyoh: buat MTB united venus yg BB nya bagus dan cocok kira2 merk apa om ?


Seingat saya MTB United Venus sudah memakai BB UN 26 buatan shimano, udah enak tuh ga perlu di ganti kecuali udah mulai bunyi2 karena kena air dan karatan, kalo sekarang yg lagi trend dan disukai banyak orang kan model BB OutBoard degan Crank Hollow tech II, cuman harganya mahal, saya sih udah coba pake technologi ini kelas Crank Set Deore, mantabs juga, loncir dan enteng saat pedaling...
@Iwan Setyo Wibowo: andaisaja di laman ini ada ruang bike clinic, tanya jawab seputar sepeda dg cakyoh sbg penjaga gawangnya, mantep tuh... py cak?


Saya yakin nanti web ini juga punya ruang untuk bike klinic, sabar aja moga2 awal tahun depan ada sesuatu yg baru..he2..
 Mohamad Naufal Ihsan• Komentar ini telah dihapus.
wah nyetel RD ternyata emang gak mudah yak...
Shifter dan hose-nya dah dicuci pake solar dan dilumasi grease, terus disetel sesuai trik cakyoh..kok gak sembuh juga penyakitnya (gak bisa pindah ke gigi plg kecil dan kalo pindah dari gigi besar ke kecil selalu telat 1 angka)... apa muasal masalahnya disini ya cak: kalo posisi crank pd gigi terkecil dan gir belakang juga plg kecil rantainya kendor banget (nglempreh kalo org jawa bilang)...rantainya yg molor atau per RDnya dah lemah?
Oh iya kelupaan om...
kalo BB itu emang cepet rusaknya yah ?
cara ngerawat nya gimana tuh om ?

maaf nih sebelumnya jadi out of topic di note ini
hehe
mas yo, ane boleh g posing in d blog ane
soalny ini sngt bermafaat bngt.slm
@Iwan Setyo Wibowo: wah nyetel RD ternyata emang gak mudah yak...
Shifter dan hose-nya dah dicuci pake solar dan dilumasi grease, terus disetel sesuai trik cakyoh..kok gak sembuh juga penyakitnya (gak bisa pindah ke gigi plg kecil dan kalo pindah dari gigi besar ke kecil selalu telat 1 angka)... apa muasal masalahnya disini ya cak: kalo posisi crank pd gigi terkecil dan gir belakang juga plg kecil rantainya kendor banget (nglempreh kalo org jawa bilang)...rantainya yg molor atau per RDnya dah lemah?


Betul om masalahnya pada Baut (+), coba di setel dengan pendampingan mekanik biar dapet contoh langsung he2...
Untuk rantai kendor banyak cara yg bisa dilakukan, cek per RD, Setel baut ketegangan rante, Potong Rante (ini yg paling susah karena butuh pengalaman dan hati2) soalnya kalo salah bisa fatal ratio gigi tidak bisa di jangkau oleh rante, kalo endak terlalu kendor malah jadi ga cukup kalo gigi gedhe ketemu crank gede he2.. jadi untuk ini hanya mekanik sangat berpengalaman yg bisa masang dan tentukan karena masalah ratio semua gigi ndak mudah ngukurnya...dan masing2 sepeda punya kapasitas dan jumlah gigi beda2, ndak bisa di tulis secara general, mesti spesifik...dan he2..bisa jdi satu buku manual sendiri tuhh
@Mohamad Naufal Ihsan: Oh iya kelupaan om...
kalo BB itu emang cepet rusaknya yah ?
cara ngerawat nya gimana tuh om ?

maaf nih sebelumnya jadi out of topic di note ini
hehe


BB awet kok bisa bertahun2 tidak perlu ganti, merawatnya kalo nyuci sepeda jangan pake di semprot air pake selang ke BB dan komponen2 ber-grease. kalo perlu BB olesin Grease di pinggir kanan kiri, agar kalo musim ujan ada air nyiprat air ndak masuk ke BB karena ada grease di luar yg menahannya.
@edwin ismunandar: mas yo, ane boleh g posing in d blog ane
soalny ini sngt bermafaat bngt.slm


Silahkan om kalo mau di copy paste, dengan catatan sertakan link sumber aslinya, biar ga jadi pergunjingan di dunia blogger he2... sesama blogger mesti kompak iya ga he2...??
omyoh, kalo pas digowes ngepush (misal: lagi nandjak, gowes ngebut,atau gowes sambil berdiri) RD/rantai suka kayak loss sedikit itu kenapa ya?
tks atas pencerahannya, saya udah coba dan alhamdulillah berhasil
Lakukan Login untuk memberikan komentar.