Info Bike2Work Indonesia

Pasal-Pasal Terkait Sepeda pada UU Nomor 22 Tahun 2009

26 Juli 2010, 13:48, 49 komentar

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA

NOMOR 22 TAHUN 2009

TENTANG

LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN

 

Pasal 25

 

(1)  Setiap Jalan yang digunakan untuk Lalu Lintas umum wajib dilengkapi dengan perlengkapan Jalan berupa:

 

a.

b.

c.

...

g. fasilitas untuk sepeda, Pejalan Kaki, dan penyandang cacat;

 

 

Pasal 45

 

(1) Fasilitas pendukung penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan meliputi:

 

a.

b. lajur sepeda;

 

Pasal 62

 

(1)  Pemerintah harus memberikan kemudahan berlalu lintas bagi pesepeda.

(2)  Pesepeda berhak atas fasilitas pendukung keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran dalam berlalu lintas.

 

Pasal 106

 

(1) ......

(2) Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib mengutamakan keselamatan Pejalan Kaki dan pesepeda.

 

Paragraf 8

Kendaraan Tidak Bermotor

Pasal 122

 

(1) Pengendara Kendaraan Tidak Bermotor dilarang:

dengan sengaja membiarkan kendaraannya ditarik oleh Kendaraan Bermotor dengan kecepatan yang dapat membahayakan keselamatan;

mengangkut atau menarik benda yang dapat merintangi atau membahayakan Pengguna Jalan lain; dan/atau

menggunakan jalur jalan Kendaraan Bermotor jika telah disediakan jalur jalan khusus bagi Kendaraan Tidak Bermotor.

 

 

(2) Pesepeda dilarang membawa Penumpang, kecuali jika sepeda tersebut telah dilengkapi dengan tempat Penumpang.

 

 

Pasal 123

 

Pesepeda tunarungu harus menggunakan tanda pengenal yang ditempatkan pada bagian depan dan belakang sepedanya.

 

Pasal 284

 

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor dengan tidak mengutamakan keselamatan Pejalan Kaki atau pesepeda sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

 

Pasal 310

(1)      Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor

yang karena kelalaiannya mengakibatkan Kecelakaan

Lalu Lintas dengan kerusakan Kendaraan dan/atau

barang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 229 ayat (2),

dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam)

bulan dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000,00

(satu juta rupiah).

 

(2)      Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor

yang karena kelalaiannya mengakibatkan Kecelakaan

Lalu Lintas dengan korban luka ringan dan kerusakan

Kendaraan dan/atau barang sebagaimana dimaksud

dalam Pasal 229 ayat (3), dipidana dengan pidana

penjara paling lama 1 (satu) tahun dan/atau denda

paling banyak Rp2.000.000,00 (dua juta rupiah).

 

(3)      Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor

yang karena kelalaiannya mengakibatkan Kecelakaan

Lalu Lintas dengan korban luka berat sebagaimana

dimaksud dalam Pasal 229 ayat (4), dipidana dengan

pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau

denda paling banyak Rp10.000.000,00 (sepuluh juta

rupiah).

 

(4)      Dalam hal kecelakaan sebagaimana dimaksud pada ayat

(3) yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia,

dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam)

tahun dan/atau denda paling banyak Rp12.000.000,00

(dua belas juta rupiah).

 

Pasal 311

(1)      Setiap orang yang dengan sengaja mengemudikan

Kendaraan Bermotor dengan cara atau keadaan yang

membahayakan bagi nyawa atau barang dipidana dengan

pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda

paling banyak Rp3.000.000,00 (tiga juta rupiah).

(2)      Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat

(1) mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas dengan

kerusakan Kendaraan dan/atau barang sebagaimana

dimaksud dalam Pasal 229 ayat (2), pelaku dipidana

dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau

denda paling banyak Rp4.000.000,00 (empat juta

rupiah).

(3)      Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat

(1) mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas dengan

korban luka ringan dan kerusakan Kendaraan dan/atau

barang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 229 ayat (3),

pelaku dipidana dengan pidana penjara paling lama 4

(empat) tahun atau denda paling banyak Rp8.000.000,00

(delapan juta rupiah).

(4)      Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat

(1) mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas dengan

korban luka berat sebagaimana dimaksud dalam Pasal

229 ayat (4), pelaku dipidana dengan pidana penjara

paling lama 10 (sepuluh) tahun atau denda paling

banyak Rp20.000.000,00 (dua puluh juta rupiah).

(5)      Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat

(4) mengakibatkan orang lain meninggal dunia, pelaku

dipidana dengan pidana penjara paling lama 12 (dua

belas) tahun atau denda paling banyak Rp24.000.000,00

(dua puluh empat juta rupiah).

 

Pasal 312

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor yang

terlibat Kecelakaan Lalu Lintas dan dengan sengaja tidak

menghentikan kendaraannya, tidak memberikan pertolongan,

atau tidak melaporkan Kecelakaan Lalu Lintas kepada

Kepolisian Negara Republik Indonesia terdekat sebagaimana

dimaksud dalam Pasal 231 ayat (1) huruf a, huruf b, dan

huruf c tanpa alasan yang patut dipidana dengan pidana

penjara paling lama 3 (tiga) tahun atau denda paling banyak

Rp75.000.000,00 (tujuh puluh lima juta rupiah).


49 Komentar
terkait dengan pasal 25, 45 dan 62
UU tidak bisa "memaksa" pemerintah yaa..

apa perlu dibikin class action?
pemerintah telah lalai dalam menjalankan UU nomor 22 tahun 2009 terkait pada pasal 25, pasal 45 dan pasal 62
Hmm.. dibandung, sampai sekarang belum terealisasi adanya jalur khusus sepeda. Mudah2an tahun depan.
secepatnya..... jangan tahun depan.....yach.... ambil sebagian jalan kendaraan bermotor...

kurangi global warming om
kayaknya kita perlu membuat spanduk, poster (atau sejenisnya) isinya mengenai ketiga pasal ini.. kemudian kita pasang di beberapa titik jalan..., supaya para penyelenggara pemerintahan & aparat selalu ingat bahwa ada beberapa amanat UU yg belum mereka laksanakan. Setuju?
Setuju om Irfan... smile.. cuman mmg sekali.. dan berkali lagi para pejuang langit biru dianak tirikan.. smg dibuka hati para pembuat keputusan mulai dari presiden sampai ketua rt.. untuk segera melaksanakannya..

go clean.. go green.. go wesss..
kurangi ketergantungan dengan kendaraan bermotor
http://distrikron...logspot.com/
sippp go green go green, baru mulai semingguan ini buat b2w hasilnya... badan lebih enteng
kita perlu memaksa calon pemimpin memasukkan jalur sepeda dalam janji kampanye mereka, supaya lebih mudah dipantau realisasi janjinya
andai semua ini dijalankan...
betapa indahnya...
kita tetap harus optimis....Insya Allah akan terwujud...
kita tetap harus optimis....Insya Allah akan terwujud...
pesimis neh om.
susah bgt brhrp sm pemerintah.....
cara yg pling efektiv adalh kita truz gowes....
setuju????
mudah2an ntar dimalang dibikinin bike line big grin
"Fiat Justitia Ruat Coulum"
--> Walaupun langit runtuh, hukum harus tetap ditegakkan!!!
langit runtuh bersama hukum... (di indonesia)
TETAP GOWES SAMPAI PEMERINTAH SADAR AKAN KEBUTUHAN GO GREEN OM/TANTE !!
DAERAH DEPOK MARGONDA RASUNA SAID BLM ADA JALUR SEPEDA OM TANTE WAHAI PEMERINTAH,mudah2an kedepan bakal ada
KAPAN YAA PEMERINTAH BISA SADAR DAN MAU MELAKSANAKAN UU YANG DIBUAT BUAT KEPENTINGAN RAKYAT ? HIDUP GOWESS !!
thx om infonya,,
tapi buat saya ada atau tidak ada uu yang penting gowess teruus..salam..
pasal berapa yah di UU Lalu Lintas: katanya trotoar itu utkpejalan kaki dan juga pesepeda.... benar itu?
kalo bole tau om kenapa di bogor belum ada jalur sepeda buat di jalan raya nya yaa ?
setuju usul kang irfan perdana. hanya saja pasang secara gerilya di ruang publik ato warkop untuk kampanye mumer tp mengena... semisal stiker...
mungkin saat semua pejabat pemerintah bersepeda baru ada line khusus buat pesepeda.
Nggak ada larangan nggak boleh lewat jalur cepat yah
butuh waktu untuk mewujudkan kenyamanan bagi para gowezers di Indonesia... paling tidak bagi para gowezers cukup melengkapi keamanan selama bersepeda alias safety ridding and ati2 selama berkendara di jalan...
Kalo TROTOAR itu sebetulnya boleh dilewati oleh sepedah gak yah? (menurut undang-undang)
semoga bisa terwujud...
Penting polll
di Bekasi sudah ada Jalur buat sepeda nih... walaupun jalurnya sering di pakai buat parkir kendaraan bermotor.
kka cara mengajukan data ke BTW gmna saya mau anak2 sepeda di tangerang ada perlindungan BTW klo kita mengadakan kegiatan bersepeda
Ketemu pak Jokowi nyok ......
Hebat ya undang undang kita, ini pasti dibuat dengan biaya yang mahal .... mudah mudahan pimpinan tiap daerah dapat melaksanakannya
hidup jokowow........
eh ....pak jokowi.....
mudah2an tambah banyak pemimpin macam beliau ya...
Kelihatanya aparat yang menegakkan UU di atas lebih menjalankan kepada sepeda bermotor yang ada uangnya saja, yang sepeda diabaikan, karena gag bayar pajak apalagi kena tilang smile
wah mungkin kalau Klaten, butuh restrukturisasi mindset para aparatnya, dan restrukturisasi tata kota. semoga segera terjadi deh.
wahh, Jakarta lajur sepedanya cuma buat ngelukis jalan doang ... ga guna, tetep aja diserobot ama yg lainn --__-- cuma bisa berdoa mudah2n kembali normal semuanya
Yuuuuu Gowes bareng minggu Pagi at Thamrin-sudirman Jakarta car free day,..Add My PIN: 31336194,..thank my Brother,..
Isikan komentar disini...
@dede iskandar:
Yuuuuu Gowes bareng minggu Pagi at Thamrin-sudirman Jakarta car free day,..Add My PIN: 31336194,..thank my Brother,..
Isikan komentar disini...
@Redia Sisthawan:
Yuuuuu Gowes bareng minggu Pagi at Thamrin-sudirman Jakarta car free day,..Add My PIN: 31336194,..thank my Brother,..
Isikan komentar disini...
@Redia Sisthawan:
Yuuuuu Gowes bareng minggu Pagi at Thamrin-sudirman Jakarta car free day,..Add My PIN: 31336194,..thank my Brother,..
Isikan komentar disini...
@Tri Ratno Wahono:
Yuuuuu Gowes bareng minggu Pagi at Thamrin-sudirman Jakarta car free day,..Add My PIN: 31336194,..thank my Brother,..
Isikan komentar disini...
@Irfan Perdana:
Yuuuuu Gowes bareng minggu Pagi at Thamrin-sudirman Jakarta car free day,..Add My PIN: 31336194,..thank my Brother,..
Isikan komentar disini...
@tyhasmoro:
Yuuuuu Gowes bareng minggu Pagi at Thamrin-sudirman Jakarta car free day,..Add My PIN: 31336194,..thank my Brother,..
Isikan komentar disini...
@bolank:
Yuuuuu Gowes bareng minggu Pagi at Thamrin-sudirman Jakarta car free day,..Add My PIN: 31336194,..thank my Brother,..
Isikan komentar disini...
@fajar bagus wp:
Yuuuuu Gowes bareng minggu Pagi at Thamrin-sudirman Jakarta car free day,..Add My PIN: 31336194,..thank my Brother,..
GOWES - GOWES..... Sampai Lemasssss
tetep gowes... lanjtkan.. semangat
Kayaknya pemerintah harus "dipaksa" untuk bikin jalur sepeda.
Lakukan Login untuk memberikan komentar.